MEMBANGUN PURCHASE INTENTION MELALUI EVENT MARKETING DAN BRAND IMAGE: STUDI BUSANA MUSLIM TERKINI

Authors

  • Auliya Nurmalasari
  • Nadia Ramadhani2, Nurkholis
  • Nurkholis
  • Skolastika Kutiom

Keywords:

event marketing, brand image dan purchase intention

Abstract

Penelitian ini meneliti terkait Industri ritel, khususnya sektor fashion, menghadapi tantangan besar pada tahun 2023, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, perubahan perilaku konsumen, dan dinamika ekonomi yang terus berubah. Dalam sektor fashion muslim, perusahaan berlomba menarik minat konsumen melalui strategi pemasaran yang kreatif, seperti event marketing, yang berfungsi untuk memperkenalkan produk, meningkatkan kesadaran merek, dan mendidik masyarakat tentang pentingnya busana sesuai syariat. Peningkatan niat beli (purchase intention) melalui event marketing dan brand image dengan studi kasus pada busana muslim terkini. Peneliti ini menggunakan 125 responden muslim yang memang menyukai produk busana muslim (sering menggunakannya). Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan alat yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS untuk uji instrument dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, event marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, kemudian untuk brand image tidak mempengaruhi purchase intention, namun brand image mampu memoderasi hubungan event marketing terhadap purchase intention.

 

References

Bahroni, I., & Manggala, H. K. (2023). Pengaruh Brand image Terhadap Purchase intention Melalui E-Trust (Studi Pada Calon Konsumen Online Store Hoodieku). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 146–156. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4528

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Hasmicro.com. (2024). 8 Tren Ritel Global 2024. Https://Www.Hashmicro.Com/Id/. https://www.hashmicro.com/id/blog/tren-ritel/

Indirwan, M. F., Basalamah, M. R., & Normaladewi, A. (2024). Pengaruh Event marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Diamond Pada Games Online Mobile Legends (Studi Pada Konsumen Shop Mobile Legends di Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 2278–2286.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Severo Ochoa, winner of the Nobel Prize for physiology and medicine. His life and work. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (15th ed., Vol. 22). Pearson.

Maharani, L., Mustikasari, A., & Nellyaningsih. (2020). Pengaruh Event marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT Yamaha, 2020). E-Proceding of Apllied Science, 6(2), 1198–1201.

Meitasari, V. T., & Setiawati, C. I. (2020). Pengaruh Event marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Lokal Dikalangan Pengunjung Kickfest Bandung Tahun 2019. E-Proceeding of Management, 7(2), 3745–3755.

Muharom, M., Yulia, I. A., & Mulia, A. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Gran Max dengan Brand image Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal EMT KITA, 8(2), 558–569. https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2058

Nugraha, R. F. A. A., & Nurdiyansyah, H. (2022). Influence Brand image and Price on Purchase Decision (Study on Fashion Consumers In a Distro In Bandung. Bisnis & Entrepreneurship, 16(2), 178–185.

Nurmalasari, A., & Wijaya, N. H. S. (2022). Consumer Satisfaction, Consumer-Brand Identification, and Repurchase intention. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.931

Yudistira. (2022). Pengaruh Brand image , Harga , dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek Oppo di Lumajang. Of Organization and Business Management, 125–131.

Downloads

Published

23-12-2024

Issue

Section

Articles