EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DI BISNIS E-COMMERCE

Authors

  • Dison Librado
  • Sur Yanti
  • Yosef Murya Kusuma Ardhana

DOI:

https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5060

Keywords:

Artificial Intelligence, e-commerce, loyalitas pelanggan, relevansi rekomendasi, pengalaman personalisasi

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan terkait efektivitas penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam menganalisis perilaku konsumen di bisnis e-commerce, terutama bagaimana AI dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana AI berperan dalam memberikan rekomendasi produk yang relevan, pengalaman personalisasi yang memuaskan, serta interaksi konsumen dengan fitur AI. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda yang melibatkan data simulasi dari 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan relevansi rekomendasi produk berbasis AI sebagai faktor yang paling berpengaruh. Kesimpulannya, AI berkontribusi positif dalam membangun loyalitas pelanggan melalui personalisasi yang lebih efektif, yang memiliki implikasi praktis bagi optimalisasi strategi e-commerce.Dengan demikian, penelitian ini memperluas literatur yang ada tentang peran AI dalam e-commerce dan membuka peluang bagi studi lanjutan terkait elemen AI lainnya yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan secara signifikan.

 

References

Agustyaningrum, C. I., Gata, W., Nurfalah, R., Radiyah, U., & Maulidah, M., (2020), Komparasi Algoritma Naive Bayes, Random Forest Dan Svm Untuk Memprediksi Niat Pembelanja Online, Jurnal Informatika, 20(2), 164–173, https://doi.org/10.30873/ji.v20i2.2402.

Andreson, E., & Denni, D., (2023), Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Aneka Indo Mandiri dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening, Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(2), 166–176, https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3171.

Gunantohadi, T., & Crysdian, C., (2022), Review Penerapan Metode Klasifikasi Pada Sistem Rekomendasi Sosial Kemasyarakatan, Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 3(2), 84–91, https://doi.org/10.31102/jatim.v3i2.1578.

Harahap, M., Rozi, F., Yennimar, Y., & Siregar, S. D., (2021), Analisis Wawasan Penjualan Supermarket dengan Data Science, Data Sciences Indonesia (DSI), 1(1), 1–7, https://doi.org/10.47709/dsi.v1i1.1173.

Mavilinda, H. F., & Nazaruddin, A, (2022), Analisis Website Quality, Customer Satisfaction dan Repurchase Intention pada Bisnis E-Commerce di Indonesia, Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 130–141. https://doi.org/10.26905/jbm.v9i1.7455.

Naomi Nessyana Debataraja, N. A. D. K., (2019), Metode Generalized Ridge Regression Dalam Mengatasi Multikolinearitas. Bimaster : Buletin Ilmiah Matematika, Statistika Dan Terapannya, 8(4), 679–686, https://doi.org/10.26418/bbimst.v8i4.35879.

Nurul, M., Soewarno, N., & Isnalita., (2019), Pengaruh jumlah pengunjung, ulasan produk, reputasi toko, dan status gold badge pada penjualan dalam Tokopedia, E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1855–1865, https://doi.org/10.1234/ejakuntansi.v28i3.12345.

Pratiwi, K. D., (2022), E-Commerce and Economic Growth in Indonesia: Analysis of Panel Data Regression, Gema Publica, 7(1), 171–186, https://doi.org/10.14710/gp.7.1.2022.171-186.

Rusdy, A. M. A., Purnawansyah, P., & Herman, H., (2022), Penerapan Metode Regresi Linear Pada Prediksi Penawaran dan Permintaan Obat Studi Kasus Aplikasi Point Of Sales, Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 3(2), 121–126, https://doi.org/10.33096/busiti.v3i2.1130.

Setiansye, I., & Guritno, A., (2023), Analisis Pengaruh Customer Intimacy, Ambient Conditional Dan Interactional Justice Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah. Al-Bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 3(2), 146, https://doi.org/10.31958/ab.v3i2.8477.

Siregar, I. A., (2021), Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif, ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25.

Situs, P., & Com, E. B., (2020), E-satisfaction dan e-trust berperan dalam memediasi pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty, E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2683–2703, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p11.

Song, X., Yang, S., Huang, Z., & Huang, T., (2019), The Application of Artificial Intelligence in Electronic Commerce, Journal of Physics: Conference Series, 1302(3), https://doi.org/10.1088/1742-6596/1302/3/032030.

Suwarno Putri, P. P., Ariani, S. S., & Surjanti, J., (2021), Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 6(1), 14–22, https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.122.

Tresnawati, D., Guno, Y., Satwika, I. P., Prihatmanto, A. S., & Mahayana, D., (2022), Artificial Intelligence serta Singularitas Suatu Kekeliruan atau Tantangan, Jurnal Algoritma, 19(1), 172–179, https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1028.

Downloads

Published

23-12-2024

Issue

Section

Articles