PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BELI ULANG JASA CUT RO BARBERSHOP DENGAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Authors

  • Hilwa Dwi Putri Nabiha
  • Devi Apriyanti
  • Fitriah Fadillah
  • Hanifah Nur Fadhillah

DOI:

https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5058

Keywords:

Kepercayaan Pelanggan, Minat Beli Ulang, SEM

Abstract

Pertumbuhan industri kreatif yang pesat di Balikpapan telah mendorong pertumbuhan bisnis "barbershop", termasuk Cut Ro Barbershop. Namun, tantangan seperti penurunan jumlah pengunjung dan meningkatnya keluhan pelanggan menghambat pertumbuhan usaha. Penelitian ini menyelidiki pengaruh kualitas layanan, harga, lokasi, dan fasilitas terhadap niat beli ulang, dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dari 110 responden pria yang pernah menggunakan jasa barbershop. Analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak R Studio digunakan untuk mengevaluasi hubungan antar variabel. Temuan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara signifikan dan positif mempengaruhi kepercayaan pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan minat beli ulang. Hal ini menyoroti peran penting kepercayaan dalam menumbuhkan loyalitas. Meskipun harga, lokasi, dan fasilitas juga berkontribusi terhadap retensi pelanggan, dampak langsungnya terhadap kepercayaan dan minat beli ulang relatif lebih lemah. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan agar Cut Ro Barbershop fokus pada peningkatan kualitas pelayanan melalui peningkatan daya tanggap, keramahan, dan pelayanan pelanggan secara keseluruhan. Selain itu, peningkatan fasilitas, penerapan strategi harga yang kompetitif, dan pemastian lokasi yang strategis dan mudah diakses sangat penting untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga mengenai peran mediasi kepercayaan pelanggan dan strategi praktis untuk meningkatkan retensi pelanggan dalam industri jasa. Langkah-langkah yang direkomendasikan dapat membantu barbershop mengatasi tantangan saat ini, mempertahankan basis pelanggannya, dan mencapai keberlanjutan bisnis jangka panjang di pasar yang kompetitif.

References

Ayuningtias, S. C., & Khasanah, I. (2024). Analisis Pengaruh Perceived Quality, Country Of Origin, Dan E-Wom Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Starbucks di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 13(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Fatmalawati, D. S., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Kosmetik Pt. Paragon Technology And Innovation. JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4228

Febryaningrum, V., Vega Buana, A., Rohman, A. F., Rochmah, A. N., Soraya, A., & Suparta, I. M. (2024). Penggunaan Analisis Structural Equation Modelling (SEM) Dengan PLS Untuk Menguji Pengaruh Variabel Intervening Terhadap Hubungan Variabel Independen Dan Variabel Dependen. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(6), 258–266. https://doi.org/10.62017/jemb

Lukaraja, M., Pesulessy, E. R., Lesnussa, Y. A., Matdoan, M. Y., & Fakultas, J. M. (2020). Structural Equation Modeling (Sem) Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Jasa Pt. Pln (Persero) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Desa Buano Utara. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/variance/

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1). https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.2018

Pan, F., & Liu, Q. (2024). Evaluating fit indices in a multilevel latent growth model with unbalanced design: a Monte Carlo study. Frontiers in Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1366850

Shi, D., Lee, T., & Maydeu-Olivares, A. (2019). Understanding the Model Size Effect on SEM Fit Indices. Educational and Psychological Measurement, 79(2), 310–334. https://doi.org/10.1177/0013164418783530

S, S., & Mohanasundaram, T. (2024). Fit Indices in Structural Equation Modeling and Confirmatory Factor Analysis: Reporting Guidelines. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 24(7), 561–577. https://doi.org/10.9734/ajeba/2024/v24i71430

Syafiq, M., Sirojuzilam, Badaruddin, & Purwoko, A. (2022). The influences of accessibility, information technology and social capital on coastal development in Indonesia: The mediating role of port development. Ocean and Coastal Management, 223. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2022.106156

Downloads

Published

23-12-2024

Issue

Section

Articles