PENGARUH ORIENTASI KEPEMIMPINAN DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM DI KOTA YOGYAKARTA
Keywords:
Keunggulan Kompetitif, Orientasi Kepemimpinan, InovasiAbstract
Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kepemimpinan dan inovasi terhadap keunggulan kompetitif pada 50 Usaha Kecil dan Menengah (UKM), khususnya dalam industri kerajinan di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria: 1) UKM bergerak di bidang kerajinan, 2) UKM telah berdiri minimal 1 tahun, dan 3) UKM memiliki karyawan minimal 1 orang. Penelitian ini diuji dengan metode analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh antara variabel independen (orientasi kepemimpinan dan inovasi) dan variabel dependen (keunggulan kompetitif). Uji hipotesis menggunakan uji t dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif dengan signifikansi sebesar 0,081 (0,081 > 0,05). Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang berperan dalam meningkatkan orientasi kepemimpinan seperti gaya kepemimpinan yang diterapkan, strategi yang dijalankan. Namun, inovasi memiliki pengaruh terhadap keunggulan kompetitif UKM kerajinan di Yogyakarta dengan tingkat signifikansi 0,016 (0,016 < 0,05). Inovasi, baik dalam hal pengembangan produk baru, penggunaan teknologi, atau peningkatan efisiensi operasional, terbukti menjadi faktor kunci dalam menentukan posisi UKM di pasar. Studi ini menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar 0,157 yang berarti sejumlah 15,7% keunggulan kompetitif UKM bidang kerajinan di Yogyakarta dapat dijelaskan oleh orientasi kepemimpinan dan inovasi, sedangkan sisanya sebesar 84,30% dijelaskan variabel lain yang tidak ternuat dalam penelitian. Studi ini terbatas pada pengujian orientasi kepemimpinan dan inovasi yang perlu pengujian karakteristik UKM dan strategi sehingga studi mendatang perlu pengujian karakteristik UKM dan strategi bisnis agar hasil studi lebih baik.
References
Agyapong, A., & Boamah, R. B. (2013). Business strategies and competitive advantage of family hotel businesses in Ghana: The role of strategic leadership. Journal of Applied Business Research. https://doi.org/10.19030/jabr.v29i2.7654
Anggai, A. M., Wolok, T., & Niode, I. Y. (2021). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industri Pengolahan Makanan Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kotamobagu). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.
Aribowo, H., & Wirapraja, A. (2018). Strategi Inovasi Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Bisnis Dalam Menghadapi Era Volatility, Uncertainty, Compelxity, Dan Ambiguity (Vuca). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT).
Dadang Sudirno, H., Sukma Utama, M., Kunci, K., Gaya, :, Partisipatif, K., Birokratis, B. O., Kinerja, D., Tetap, D., Ekonomi, F., & Majalengka, U. (2017). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dan Budaya Organisasi Birokratis Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Bplh) Kabupaten Majalengka. MAKSI Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi Tahun.
Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewiraudahaan, Inovasi Produk, dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 10(01), 1–15.
Fisk, P. (2006). Marketing Genius. Yogyakarta Gramedia.
Ganescu, M. C. (2012). Assessing Corporate Social Performance from a Contingency Theory Perspective. Procedia Economics and Finance, 3(12), 999–1004. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00264-x
Hapsari, I. (2014). Identifikasi Berbagai Permasalahan yang Dihadapi Oleh UKM dan Ppeninjauan Kembali Regulasi UKM Sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. Permana.
Kemenkeu, R. (2018). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Kotler, P., & Armstrong, G. (2003). Dasar- Dasar Pemasaran (9th ed.). Indeks Kelompok Gramedia.
Lawrence, P. R., & Lorsch, J. W. (1967). Differentiation and Integration in Complex Organizations. Administrative Science Quarterly, 12(1), 1. https://doi.org/10.2307/2391211
Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap keuanggulan bersaing (suatu studi pada payung geulis mandiri tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2, 38–48.
Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. (2019). 138 halaman.
Meliala, A. S., Matondang, N., & Sari, R. M. (2016). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Kaizen. Jurnal Optimasi Sistem Industri. https://doi.org/10.25077/josi.v13.n2.p641-664.2014
Muslikah, N. A., Haryono, A. T., & Hirini, C. (2018). Pengaruh Kompetensi Entrepreneurial, Strategi kewirausahaan dan modal sosial terhadap keunggulan kompetitif berkelanjutan dengan kinerja usaha sebagai variabel intervening. Journal Of Management.
Nurachman, M. H. (2021). Pencapaian Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi di Kota Bandung. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.
Nurhayati, S. (2014). Membangun Kepemimpinan yang Efektif untuk Meraih Keunggulan Kompetitif Organisasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(15), 21–27.
Persada, D. G., & Kusumawardhani, A. (2021). Analisis Modal Intelektual, Customer Relationship dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Guna Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pada Usaha Jasa Fotografi. Jurnal Ilmiah Indonesia.
Pratono, A. H. (2016). Strategic orientation and information technological turbulence: Contingency perspective in SMEs. Business Process Management Journal, 22(2), 368–382. https://doi.org/10.1108/BPMJ-05-2015-0066
Purnomo, E., & Saragih, H. J. (2016). Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Yayasan Nusantara Bangun Jaya.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar , Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. JURNAL EKBIS ANALISIS, PREDIKSI, DAN INFORMASI.
Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2010). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Cetakan Kesembilan.
Samsir, S. (2018). The effect of leadership orientation on innovation and its relationship with competitive advantages of small and medium enterprises in Indonesia. International Journal of Law and Management. https://doi.org/10.1108/IJLMA-01-2017-0005
Sari, S. D., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Jaringan Usaha Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Ikm Rotan Di …. Jiagabi, 9(1), 85–93.
Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Serta Inovasi terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p13
Setyawati, O. :, & Abrilia, H. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Bariable Moderasi. Jurnal Fokus Bisnis, 12(02), 20–32.
Tangpong, C., Hung, K. T., & Li, J. (2019). Toward an agent-system contingency theory for behavioral supply chain and industrial marketing research. Industrial Marketing Management, 83, 134–147. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2018.10.003
Tanjung, A., Giatman, M., & Ambyar. (2020). Pengaruh Orientasi Kepemimpinan Dan Tingkat Penghargaan Terhadap Loyalitas Karyawan Di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. JURNAL ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN TINGGI.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Sercive, QualitySatisfaction. Andi Offset.
Zulailah, I. (2017). CONTINGENCY LEADERSHIP THEORY / PENDEKATAN SITUASIONAL. Al-Tanzim.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.