KAJIAN TENTANG NIAT BERKUNJUNG GENERASI MILENIAL PADA TOSKA KAHVE ROASTERY
DOI:
https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5040Keywords:
Citra Merek, E-wom, Lingkungan Fisik, Niat Berkunjung.Abstract
Secara kontekstual, industri kafe di Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengalami pertumbuhan selama 10 tahun terakhir, termasuk di Kulon Progo. Toska Kahve Roastery telah menjadi tempat populer bagi generasi milenial; namun, dalam enam bulan terakhir, kafe ini menghadapi fluktuasi jumlah pengunjung yang mengindikasikan ketidakstabilan dalam niat berkunjung. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini berfokus pada faktor-faktor seperti e-WoM, citra merek, dan lingkungan fisik yang mungkin memengaruhi niat berkunjung konsumen. Berdasarkan bukti empiris dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan hasil yang beragam terkait hubungan antara variabel independen dan variabel dependen, penelitian ini bertujuan memberikan wawasan lebih mendalam mengenai respons generasi milenial terhadap faktor-faktor tersebut dalam konteks kafe. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth (e-wom), citra merek, dan lingkungan fisik terhadap niat berkunjung generasi milenial di Toska Kahve Roastery, sebuah kafe terkemuka di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Responden terdiri dari 112 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan offline. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, diolah dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wom, citra merek, dan lingkungan fisik masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung generasi milenial di Toska Kahve Roastery. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan serta solusi efektif bagi Toska Kahve Roastery untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan memastikan keberlanjutan bisnis.
References
Afiany, F., & Samsir, S. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Niat Berkunjung Wisata di Kota Batam. Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.37577/ekonam.v5i1.512
Anggraini, R., & Lupita, N. (2021). Pengaruh EWOM, Travel Motivation dan Destination Attractiveness terhadap Visit Intention di Kota Batam. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 4(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.404
Ajzen, I. 1991. The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211
Arifin, S., Lumanauw, B., & Poluan, J. (2021). Pengaruh E-WoM, Food Quality, dan Servicescape Terhadap Niat Berkunjung di Pondok Hijau Restaurant Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 9(4). https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37337
Bitner, M. J. (1992). Servicescape: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employess. Journal of Marketing, 56(2), 57–71. https://doi.org/10.2307/1252042
Delpiero, A., & Istriani, E. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Servicescape Terhadap Niat Berkunjung di Taman Sari Yogyakarta. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i2.271
Ekinci, Y., Li, G., & Ahn, T. (2013). Self-congruence, Functional congruence, and Destination choice. Journal of Bussiness Research, 66(6), 719–723. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.09.009
Fauziah, S. A. F., Suhud, U., & Febrilia, I. (2022). Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta: Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 3(1), 114-127.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy). (1 ed.). Jawa Timur: Qiara Media.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WoM Scale Word-of-Mouth Measurement Scale For E-Services Content. Canadian Journal of Administrative Scienes, 1, 5–23. https://doi.org/10.1002/CJAS.129
Guan, X., Gong, J., Li, M., & Huan, T. (2021). Exploring Factor Servicescape Influencing Customer Behavioral Visit Intention in Robot Restaurants. International Journal of Contemporary Hospitality Management.
Hennig, T., Gwinner, K., Walsh, G., & Gremler, D. (2004). Electronic Word Of Mouth Via Consumer Opinion Platforms: What Motivates Costumer to Articulate Themselves On The Internet. Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation. New York: Knopf Doubleday Publishing Group.
Huang, S., & Hsu, C. (2009). Effects of Travel Motivation, Past Experience, Perceived Constraint, and Attitude on Revisit Intention. Journal of Travel Research, 48(1), 29–44. https://doi.org/10.1177/0047287508328793
Indriyani, N., & Artanti, Y. (2020). Peran Citra Merek. E-WoM, dan Travel Constraints Pada Niat Berkunjung Wisata Pantai di Kota Surabaya, Jawa Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI, 11(2). https://doi.org/doi.org/10.21009/JRMSI.011.2.04
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Marketing an Introduction (11 ed.). New York: Prentice Hall.
Kundiarto, S., & Suciarto, S. (2022). Influences of Restaurant Servicescape and Services Quality on Repurchase Intention through Customer Satisfaction in Semarang. Journal of Management and Business Environment (JMBE), 3(2). https://doi.org/10.24167/jmbe.v3i2.4297
Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-WoM) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JUBIS), 3(1), 73–91.
Permatasari, S., & Wulandari, A. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Niat Kunjung Hotel Aston Tahun 2020. Telkom University, 6(2).
Sari, S., & Zuhrinal, N. (2022). Analisa Perkembangan UMKM pada Usaha Cafe Dan Prilaku Orang Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1590–1594.
Setyowati, H., & Liliyan, A. (2022). Pengaruh E-WoM, Fasilitas, Daya Tarik Wisata, dan Harga Terhadap Niat Berkunjung Taman Satwa Taru Jurug. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 5(1). https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.44773
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (1 ed.). Bandung: Alfabeta.
Suhud, A., & Febrilia, I. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Destination Image, Attitude Toward Destination dan Destination Trust terhadap Visit Intention: Studi pada Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(2). https://doi.org/10.21009/jbmk.0302.14
Supardin, L., Wiranto, E., & Indratno, D. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1). https://dx.doi.org/10.29040/jie.v6i1.3707
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.