THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE AND SITUATIONAL FACTORS ON PURCHASING DECISIONS FOR POST-PANDEMIC MASKS WITH PURCHASE INTENTION AS AN INTERVENING VARIABLE IN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5039Keywords:
Kualitas produk, Harga, Faktor Situasional, Keputusan Pembelian, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, faktor situasional terhadap keputusan pembelian dengan minat pembelian sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS dengan SmartPls untuk mengetahui hubungan antar variabel kualitas produk, harga, faktor situasional dan minat pembelian. Populasi penelitian masyarakat kota Yogyakarta yang membeli masker. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel sebanyak 100 responden, pemilihan responden dengan metode purposive sampling. Hasil uji validitas menunjukkan semua variabel valid dan hasil uji reliabilitas semua item reliabel. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk, harga dan faktor situasional terbukti berpengaruh terhadap minat beli, Adapun intervening hanya terbukti untuk faktor situasional terhadap keputusan pembelian, tidak untuk variabel lainnya.
References
Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Flavia, R., S.O.E. & Raya, S. (2021). Pengaruh Marketing Mix dan Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Masker pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1321-1327
Ghozali, Imam (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPls 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin
Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. dan Amstrong, G. (2019). Principle of Marketing, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Monroe, K.B. (1990). Pricing, Making Profitable Decissions. Second Edition. NY :McGraw.
Munandar, Hanan Ariq. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Konsumen Mi Lidi Gobyos di Banyumas). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto.
Mowen, J.C., dan Minor, M. (2022). Perilaku konsumen. Cetakan 5. Jakarta: Erlangga.
Nurlela dan Azis, Fauzan. (2021). Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Keputusan Pembelian Di Harvard English Course Bandung. Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.
Nuha, Muh Saifin. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Wuling Di Kota Makassar Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Puspita, C.M dan Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 3, pp. 268-275, Aug. 2020. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28079
Shiffman, Leon G and Kanuk, Leslie, Laser. (2004). Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh, Indeks, Jakarta.
Stanton, William J. (2016). Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedua belas. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2000). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.