MPLEMENTASI METODE SOSTAC PADA STRATEGI DIGITAL MARKETING DI UMKM COKLAT VIP PONTIANAK

Authors

  • Adiyath Randy Yudimamase
  • Asri Hidayati
  • Magdalena Depriyani

DOI:

https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v1i1.5038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain model metode SOSTAC dan implementasinya dalam mempromosikan bisnis melalui digital marketing di UMKM Coklat VIP sehingga dapat memperluas pemasaran dan meningkatkan profitabilitas. Konsep dalam penelitian ini adalah metode SOSTAC. Dalam metode SOSTAC terdapat 6 siklus yaitu Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yang meliputi teknik pengamatan (observasi), teknik wawancara (interview), dokumentasi, dan studi pustaka. Dari hasil tes yang telah dilakukan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kampanye di facebook dan Instagram yang ekonomis sebesar Rp. 3.600.000, dalam periode 3 bulan dapat menghasilkan profit pertumbuhan jangkauan pada sosial media UMKM Coklat VIP sehingga pemasaran menjadi lebih luas dan meningkatnya profitabilitas dengan jangkauan postingan total pada Facebook sebesar 214.635 orang dan jangkauan postingan total pada Instagram sebesar 582.301 orang. Pada interaksi postingan total pada Facebook sebesar 1.362 orang dan interaksi postingan total pada Instagram sebesar 2.615 orang. Serta pengikut halaman total pada Facebook sebesar 20 orang dan pengikut halaman total pada Instagram sebesar 705 orang.

References

Amaliyah, Fikri, M., Hermani, A., & Pradhanawati, A. (2022). Kajian Perencanaan Komprehensif Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV. Sahaja. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 630–640.

Arifianti. (2019). Pendekatan Model Public Relation PR Smith’s SOSTAC Untuk Menganalisis Sistem Perencanaan Digital Marketing PT Valbury Asia Futures. Jurnal Komunikasi, 10(2), 132–138.

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). eMarketing eXcellence: Planning and Optimizing your digital marketing (5th ed.). Routledge.

Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80–84. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506

Hendro. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menangani Komplain Konsumen Produk Jam Tangan/Arloji Melalui Media Sosial (Studi PT Optima Technology Indonesia Pada Tiktok). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 101 – 114.

Khayrani, Adrian, F., & Hasrul. (2022). Analisis Strategi Digital Marketing Dengan Metode Sostac Pada Sepatu Pollenzo. Jurnal Online Mahasiswa, 8(1), 1–21.

Maulana, A. E. (2009). Consumer Insights Via Ethnography. Erlangga.

Mellyan. (2020). Social Media Marketing; Strategi Komunikasi Bisnis Era Digital (Studi Analisis Portal TaniFund.com). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 11(1).

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.

Pranata, Y. A., & Amaranti, R. (2021). Rancangan Strategi Pemasaran Media Sosial Menggunakan Model SOSTAC. Journal Riset Teknik Industri, 1(2), 110–120.

Priatama, R., Hilal Ramadhan, I., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Safanta, A., Shihab, M. R., Budi, N. F. A., Hastiadi, F. F., & Budi, I. (2019). Digital Marketing Strategy For Laboratories Marketplace. Journal of Physics: Conference Series, 1196(1).

Sahartian, O., Wardhanie, A. P., & Wulandari, S. H. E. (2022). Strategi Digital Marketing Instagram Menggunakan Framework Sostac Guna Meningkatkan Omzet Consumer Goods Madu. Jurnal Sistem Informasi, 9(2), 141-149.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Edulitera.

We Are Social. (2024). DIGITAL 2024: INDONESIA. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2024-Indonesia.

Downloads

Published

23-12-2024

Issue

Section

Articles