KONVERSI ENERGI TEKANAN PERMUKAAN AIRFOIL FLAP PESAWAT TERBANG SEPANJANG SPAN MENJADI BEBAN STRUKTUR
Keywords:
airfoil, flap, nodal, spanAbstract
Latar belakang penelitian adalah terdapat tidak sedikit kebutuhan untuk mendapatkan beban pesawat saat terbang, yang diperoleh dari penjabaran beban aerodinamik sebagai beban angin. Salah satu kebutuhan tersebut adalah upaya mendapakan beban nodal flap sesuai lokasi pada permukaan airfoil yang diinginkan. Bagaimana mendapatkan gaya nodal struktur flap dari prediksi beban angin sebagai energi tekanan pada permukaan flap pesawat terbang, merupakan tujuan penelitian dalam paper ini, agar struktur dapat dipertimbangkan aman atau tidak dari tinjauan faktor keamanan. Permukaan struktur merupakan skin dengan penguat yang dipasang pada bagian dalam. Penguat dipasang pada lokasi pertemuan yang memanjang dan melintang atau yang saling tegak lurus dari struktur airfoil flap. Dua kasus energi tekanan menjadi gaya nodal pada flap dengan penampang airfoil NACA, dianalisa. Harga dan lokasi resultan gaya nodal dan resultan gaya dari energi tekanan digunakan untuk analisa kelayakan dari dua konversi apakah gaya nodal dapat digunakan atau tidak. Kesimpulannya, konversi menjadi gaya nodal dapat diterima.