MODEL PENGARUH PERSEPSI KUALITAS TERHADAP HARGA PRODUK KAOS

Authors

  • Mathilda Sri Lestari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Ainur Komariah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

model, harga, persepsi kualitas

Abstract

Harga adalah salah satu keputusan pemasaran yang penting. Setelah usaha keras riset pasar, pengembangan, pengujian, serta manufaktur produk, perusahaan akan memulai panen hasil usaha tersebut dengan penetapan harga. Harga akan menentukan seberapa besar profit yang akan diterima perusahaan, karena profit merupakan selisih antara pendapatan dengan biaya, sedangkan pendapatan merupakan jumlah unit terjual dikalikan harga. Selain oleh faktor tangible berupa biaya produksi, harga produk juga ditentukan oleh faktor intangible yang melekat pada produk tersebut. Faktor intangible adalah faktor nonfisik yang berkontribusi terhadap atau dipergunakan dalam produksi barang dan jasa. Berdasarkan penelitian sebelumnya, faktor intangible yang berpengaruh kuat terhadap harga adalah kualitas produk dan merek. Nilai kualitas suatu produk sebagian besar ditentukan oleh persepsi konsumen atas kualitas tersebut, sesuai dengan pernyataan bahwa yang berpengaruh terhadap harga adalah persepsi kualitas oleh konsumen (perceived quality) dan bukan nilai kualitas sebenarnya yang melekat pada produk (intrinsic quality). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai persepsi kualitas terhadap harga produk, dan mencari model hubungan antara persepsi kualitas dengan harga produk. Objek penelitian sejumlah 6 merek produk dari kategori pakaian (kaos). Metode penilaian persepsi kualitas adalah dengan membandingkan nilai aktual dan nilai harapan tiap faktor pembentuk kualitas. Penilaian dilakukan oleh 45 responden yang merupakan konsumen produk kaos. Nilai persepsi kualitas dan harga produk distandarisasi terhadap nilai rata-ratanya. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara persepsi kualitas terhadap harga produk kaos sebesar 0,76. Model pengaruh nilai persepsi kualitas (X) terhadap harga (Y) adalah Y = 784,31X – 653,81 dan Y = Y = 2136,2X2 + 3284,5X + 1280,8 dengan R2 masing-masing sebesar 0,58 dan 0,59.

Downloads

Published

19-06-2019

Issue

Section

Articles