INOVASI PRODUK USAHA OLAHAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA JUAL LELE

Authors

  • Wahjoe Mawardiningsih Universitas Surakarta

Keywords:

Olahan lele, kemasan, pemasaran

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk mengatasi permasalahan dari kelompok UKM peternak lele ‘Suryono’ selaku mitra 1 dan ‘Sarana Indah’ selaku mitra 2 di Gunungsari, Ngringo, Jaten, Karanganyar yaitu kurangnya kreativitas dan inovasi kelompok peternak lele untuk berwirausaha memproduksi berbagai olahan lele, yang memiliki daya tarik tinggi bagi konsumen, belum mempunyai relasi pemasaran produk dan pangsa pasar yang layak, kurangnya modal usaha mikro, khususnya peralatan dan sarana penunjang lain serta minimnya pengetahuan manajemen pengelolaan usaha lele. Metode kegiatan yang digunakan adalah memberi motivasi berwirausaha (manajemen), kreativitas dan inovasi mengolah pasca panen, bimbingan dan praktek menggandeng relasi pemasaran produk, memberikan modal usaha mikro khususnya peralatan dan sarana penunjang (alat/mesin) dan memberikan bimbingan pengelolaan usaha lele dan manajemen keuangan usaha. Hasil pengabdian masyarakat, mitra mampu memproduksi 3 jenis olahan lele (abon lele, krupuk lele, nugget lele), terjalinnya kerjasama dengan beberapa toko atau konsumen, terbentuknya jiwa wirausaha bagi anggota kelompok peternak lele dan meningkatnya kreativitas anggota kelompok peternak lele dalam manajemen usaha olahan. Produk olahan kering dibuat oleh mitra sesuai dengan kesediaan bahan (lele segar). Selain itu telah dibuatnya pemasaran secara online dan branding olahan kering, seperti abon, kerupuk dan nugget.

Downloads

Published

19-06-2019

Issue

Section

Articles