SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBJEK WISATA ALAM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Authors

  • Oktaviani Rahmita Putri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v9i1.3662

Keywords:

Wisata Alam, Fuzzy Tsukamoto, Rekomendasi

Abstract

Pariwisata merupakan suatu keseluruhan elemen-elemen terkait yang di dalamnya terdiri dari wisatawan, daerah tujuan wisata, perjalanan, industri dan lain sebagainya yang merupakan kegiatan pariwisata. Untuk berkunjung ke tempat wisata tentunya wisatawan harus sudah mempunyai tujuan tempat wisata, oleh karena itu untuk mempermudah calon wisatawan dalam mengetahui lebih banyak mengenai tempat wisata dengan informasi yang akurat dan rekomendasi pemilihan objek wisata yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang dipilih, maka dibutuhkan sebuah sistem komputerisasi yang memuat seluruh informasi daerah wisata secara online dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan pendukung keputusan pemilihan objek wisata secara efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode studi kepustakaan, sedangkan pengembangan aplikasi menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dan perancangan aplikasi dilakukan dengan tools UML (Unifield Modelling Language). Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi berbasis web yang dapat membantu para wisatawan dalam mencari tempat wisata yang direkomendasikan berdasarkan harga, jumlah fasilitas dan jarak. Mekanisme sistem ini meliputi memilih tempat wisata dan memasukkan jarak ke tempat wisata yang dipilih, yang nantinya akan menghasilkan keterangan tempat wisata tersebut direkomendasikan atau tidak.

References

Busthomy, A., Sultoni, & Hariyanto, R. (2016). Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Objek Wisata di Kabupaten Pasuruan dengan Menggunakan Metode Fuzzy. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan.

Devy, H. A. (2017). Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi Dilema, Vol. 32, No. 1 Tahun 2017.

Irawan, P., Mazalisa, Z., & Panjaitan, F. (2015). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik. Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (Sc-Siti).

Kurniasih, S., & Br Ginting, L. S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan untuk Kelayakan Pemberian Kredit dengan Metode Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus Koperasi Kemuning Persada Cabang Bandung). Jurnal Nuansa Informatika Volume 14 Nomor 1.

Kusuma, A. P., Puspitasari, W. D., & Gustiyoto, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Jumlah Produksi Seragam Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Antivirus, Vol. 12 No. 1 .

Murti, T., Abdillah, L. A., & Sobri, M. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Pemberian Pinjaman Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Seminar Nasional Inovasi Dan Tren.

Novita, N. (2016). Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Beasiswa . Jurnal & Penelitian Teknik Informatika Volume 1 Nomor 1.

Winarti, & Gusrianty. (2019). Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Stock Barang Menggunakan Fuzzy. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi Vol. 1 No. 2.

Wulandari, D. N., & Prasetyo, A. (2018). Sistem Penunjang Keputusan untuk Menentukan Status Gizi Balita Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Informatika, Vol.5 No.1.

Downloads

Published

2021-09-23