PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE DI GRIYA SABA INSANI 2 MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DAN USABILITY TESTING

Authors

  • Bekti Utaminingtias
  • Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati
  • Muhammad Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.34151/rekavasi.v11i2.4627

Keywords:

Perancangan Aplikasi, Waterfall, Website, Usability Testing

Abstract

Griya Saba Insani 2 merupakan UMKM yang menyediakan lapangan olahraga bulu tangkis untuk disewakan yang berlokasi di Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Griya Saba Insani 2 menyediakan tiga lapangan. Pelanggan melakukan pemesanan lapangan bulu tangkis dengan menghubungi pengelola melalui aplikasi WhatsApp. Cara tersebut masih mengakibatkan jadwal bertubrukan, karena pengelola melakukan penjadwalan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada pengunjung dalam melakukan pemesanan lapangan bulu tangkis. Aplikasi berbasis website yang dirancang menampilkan jadwal yang masih tersedia. Pengunjung website dapat memilih sendiri jadwal yang diinginkan. Jadwal yang sudah dipesan tidak dapat dipesan oleh orang lain. Pengelola Griya Saba Insani 2 tidak perlu melakukan input data pelanggan secara manual, karena sudah ter-input secara otomatis oleh sistem. Aplikasi ini diuji usabilitas menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memiliki nilai rata-rata SUS 73, berdasar grade scale masuk kategori C, serta adjective rating masuk kategori Good

References

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Universitas Terbuka.

Mz, Yumarlin. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Informasi Interaktif, 1(1).

Pasaribu, R., & Rahayu, D., (2017). Perancangan Aplikasi Lowongan Kerja Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall. 75-80.

Putra, Y. S. M., & Tanamal, R. (2020). Analisis Usability Menggunakan Metode USE Questionnaire Pada Website Ciputra Enterprise System. Teknika, 9(1), 58–65.

Putri, N. L., Wedayanti, A., Kadek, N., Wirdiani, A., Ketut, I., & Purnawan, A. (2019). Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. 7(2).

Rodhiyah, Sufi., 2022. Pengukuran Usabilitas Pada Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) Mobile IST Akprind. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method) (Vol. 1, Issue 3).

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles