PENGEMBANGAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING PADA ANALISIS FAKTOR KONTRIBUSI MASYARAKAT SURABAYA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH POLYETHYLENE TEREPHTHALATE

Authors

  • Elisabeth Yulianti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hilyatun Nuha

DOI:

https://doi.org/10.34151/rekavasi.v11i2.4380

Keywords:

Botol plastik PET; Sampah; Metode SEM; Reverse Logistic

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota padat penduduk kedua setelah Jakarta. Kepadatan penduduk tersebut dapat mempengaruhi tingkat kebersihan lingkungan kota Surabaya. Salah satu faktor dikarenakan adanya kebiasaan masyarakat sebagai konsumen yang selalu menghasilkan sampah pada tiap aktivitas yang dilakukannya. Sampah botol plastik PET merupakan salah satu sampah dengan frekuensi terbesar yang dihasilkan oleh masyarakat. Hal ini dapat menjadi masalah bagi seluruh elemen baik masyarakat maupun pemerintah kota apabila tidak adanya kesadaran dan kontribusi penuh dari masyarakat untuk membantu mengelola sampah PET. Menanggapi permasalahan tersebut oleh karena itu pada penelitian ini membahas mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi kontribusi masyarakat kota Surabaya dalam pengelolaan sampah botol plastik PET pada jaringan reverse logistic hingga botol plastik tersebut diolah dan dikembalikan kepada perusahaan atau peremanufaktur. Informasi mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi kontribusi masyarakat dapat diperoleh dari sebaran kuesioner dan tahap wawancara serta didukung dengan data – data yang diperoleh dari pemerintah kota baik dari Dinas Lingkungan Hidup, Bank Sampah Induk, dan Bank Sampah Unit. Hasil dari jawaban responden terhadap kuesioner yang telah disebar, selanjutnya akan diolah dan diuji keakuratan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang kemudian akan diolah kembali menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui hubungan antara variabel dan indikatornya. Metode SEM dapat dilakukan dengan berbagai macam software salah satunya software SMARTPLS.

Kata Kunci : Botol plastik PET; Sampah; Metode SEM; Reverse Logistic

 

References

Arwini, & Ni, P. D. (n.d.). SAMPAH PLASTIK DAN UPAYA PENGURANGAN TIMBULAN SAMPAH PLASTIK.

Dewi, D. (2018). Modul Validitas dan Reliabilitas. Research Gate.

Hendrianti, N. (2018). Persepsi Masyarakat Kota Surabaya Terhadap Bank Sampah Induk. Journals of Economics Development Issues (JEDI), 12-13.

Insani, Allima, S., Rahmawati , R., & Hoyyi, A. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA DALAM PEMILIHAN JURUSAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) (Studi Kasus di Jurusan Statistika Universitas Diponegoro Semarang). JURNAL GAUSSIAN, 2.

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13, 65-66.

Santoso, S. (2021). Analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan AMOS 26. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik , Volume 5 , 55.

Utami, M. I., & Ningrum, D. E. (2020). Proses Pengolahan Sampah Plastik di UD Nialdho Plastik Kota Madiun. Indonesian Journal of Conservation, 90-91.

Widarjono, A. (2020). ANALISIS MULTIVARIAT TERAPAN Dengan Program SPSS,AMOS,dan SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Widiasih, W., & Nuha, H. (2019). USULAN STRATEGI SUSTAINABLE LIFESTYLE DALAM MENUNJANG ECO CAMPUS DI UNIVERSITAS ABC SURABAYA . Simposium Nasional RAPI XVIIII, ISSN 1412-9612, 141-142.

Yuliesti, K. D., Suripin, & Sudarno. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN PENGELOLAAN RANTAI PASOK DALAM PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK. JURNAL ILMU LINGKUNGAN, 18(1), 126-127.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles