STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN PENDEKATAN SWOT (STUDI KASUS: UMKM COFFEE SHOP UD MITRA DI YOGYAKARTA)

Authors

  • Romadhon Fikri Akbar Institut Sains dan Teknologi AKPRIND
  • Argaditia Mawadati Institut Sains dan Teknologi AKPRIND
  • Risma Simanjuntak Institut Sains dan Teknologi AKPRIND

DOI:

https://doi.org/10.34151/rekavasi.v10i2.4257

Abstract

Pada masa kini, berbisnis merupakan suatu langkah yang banyak diambil berbagai orang untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya dengan mendirikan sebuah coffee shop. Pada UMKM UD Mitra masih terdapat beberapa masalah yang timbul, salah satunya banyaknya pesaing yang menjamur di berbagai daerah dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi bisnis yang berjalan di coffee shop UD Mitra, kemudian menyusun strategi pengembangan usaha yang tepat menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) dan dianalisis menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). UD Mitra merupakan sebuah coffee shop yang mengusung tema minimalis, unik, dan ramah lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner oleh owner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini yaitu didapatkan bahwa dalam menjalankan usahanya, UMKM UD Mitra hanya memiliki satu pemasok bahan baku, masih mempromosikan coffee shop tersebut dengan mengandalkan Instagram. Kemudian, UD Mitra menggandeng beberapa penyedia jasa layanan pesan antar, seperti Shopee Food, Go Food, dan Grab Food. Selain itu, UD Mitra juga menjual pakaian preloved sebagai tambahan pemasukan. Sementara hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi UMKM UD Mitra pada diagram analisis SWOT saat ini berada di posisi kuadran 1, di mana UMKM tersebut sudah memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Kekuatan yang dimiliki saat ini adalah tema coffee shop yang diusung dengan eco-friendly dan peluang yang ada yaitu terdapat ruko di belakang coffee shop yang dapat disewakan untuk menambah kerja sama dengan pebisnis lain.

References

Agustinus, T.S. (2022). Buku Teori dan Praktik Bisnis Model Kanvas untuk UMKM. Bogor: Mitra Wacana Media

Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. (2018). Pengembangan Model Bisnis pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 137. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.137-144

Daft, R. L. (2012). New Era of Management.

David, Fred R. (2012). Konsep Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Hesterly, W. & Barney, J. (2008). Strategic management and competitive advantage. Pearson Prentice Hall: Upper Sddle River, NJ, USA.

Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Makassar, U. N., & Artikel, R. (2021). (BMC)Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 1–11. https://penerbitgoodwood.com/index.php/JBPD/article/view/453.

Kafara, F. H. (2020). Strategi Pengembangan Usaha dengan Pendekatan Metode Business Model Canvas (Study Kasus: UKM Bakpia Pathok Montana 25). Skripsi, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.

Kamila, R., Syarief, R., & Saptono, I. T. (2018). Analisis Pengembangan Bisnis Madu Pada Cv Ath-Thoifah Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 173. https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.173-184

Kotler, P. (2013). Marketing Management. Horizon Edition 14e.

Osertwalder, A. & Pigneur, Y. (2012). Bussiness Model Generation. PT Elex Media Komputindo.

Permana, D. J. (2015). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Faktor Exacta,6(4),309–319. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/242

Rainaldo, Wibawa, & Rahmawati. (2017). Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 2–6.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia.

Siregar, Z. H., & Fitria, S. E. (2016). Analisis Model Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Terhadap Usaha Mikro Agribisnis Keramat Bey Berry Ciwidey. EProceedings of Management, 3(1), 222–227. http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2849

Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i2.1220

Sutojo, S. & Kleinsteuber, F. (2002). Strategi Manajemen Pemasaran. Damar Mulia Jakarta.

Syahrul, M. (2016). Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Menentukan Strategi Bisnis di UD. Kontomulyo Badas-Kediri. Paper KNRM FEB UNIBRAW 1-9. Malang. https://osf.io/preprints/inarxiv/y7dk6/

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38685/uu-no-23-tahun-2014

Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis: Jangan Buat Strategi Bisnis Sebelum Baca Buku Ini. Anak Hebat Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles