PERANCANGAN DESAIN MEJA MAKAN LANSIA DAN PASIEN RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE KANO

Authors

  • Yudi Hartono Fakultas Teknologi Industri, Magister Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34151/rekavasi.v11i1.4083

Keywords:

kano model, elderly, dining table, inpatients, design product, model kano, lansia, meja makan, pasien rawat inap, perancangan produk

Abstract

Product improvement design is made to increase functional value and customer satisfaction. Level of satisfaction in accordance with which consumer demand can be fulfilled. This study improves the design of dining table products for the elderly and inpatients. Questionnaires were distributed to 50 respondents with criteria as elderly or elderly nurses and patients who are currently or have been hospitalized. Goals of questionnaire to find features needed by consumers through dining table products. Furthermore, the voice of customer data is processed using the canoe method to determine the level of customer satisfaction related to the features offered. There are 4 product improvement attributes that can be categorized as satisfaction level with adding folding table legs and table supports, handles or handles for manual handling, features for storing cutlery, and armrest features, improved table shape and material selection.

Perancangan perbaikan produk dilakukan untuk meningkatkan nilai fungsional dan kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan tersebut berbanding lurus sejauh mana permintaan konsumen dapat dipenuhi. Penelitian ini melakukan perbaikan perancangan produk meja makan lansia dan pasien rawat inap. Kuisioner dibagikan kepada 50 orang responden dengan kriteria sebagai lansia atau perawat lansia dan pasien yang sedang atau sudah mengalami rawat inap. Kuisioner bertujuan untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang diinginkan oleh konsumen melalui produk meja makan. Selanjutnya data voice of customer diolah dengan menggunakan metode kano untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terkait dengat fitur yang ditawarkan. Terdapat 4 atribut perbaikan produk yang dapat dikategorikan sebagai tingkat kepuasan attractive yang berupa penambahan fitur kaki meja lipat dan penyangga meja, fitur handel atau pegangan untuk manual handling, fitur tempat menyimpan alat makan, dan fitur sandaran tangan, perbaikan bentuk meja dan pemilihan material.

References

Widi, R.E. (2011). Uji validitas dan reabilitas dalam penelitian epidiomologi kedokteran gigi. Jurnal Kedokteran Gigi, 8(1), 27-34.

Haryono, M., & Bariyah, C. (2014). Perancangan konsep produk alas kak idengan menggunakan integrasi metode kansei engineering dan model kano. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(1), 71-82.

Ali, I.H. (2017). Peran sampling dan distribusi data dalam penelitian komunikasi pendekatan kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 21(1), 111-126.

Ginting, R., Yosephin, B.T., & Widodo. (2017). Desain ulang produk tempat tissue multifungsi dengan menggunakan metode quality function deployment. Jurnal Sistem Teknik Industri, 19(2), 1-9.

Maatita, Y., & Lawalata, V.O. (2017). Penerapan kano model dalam proses pengambilan keputusan penyediaan fasilitas dan alternatif bisnis rumah kost (studi kasus:bisnis rumah kost di kawasan rumahtiga). ARIKA, 11(2), 98-108.

Rofieq, Muhammad. (2017). Perancangan almari pakaian bayi serbaguna melalui brainstorming dengan ibu rumah tangga. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 101–107.

Rony, H., & Saputra, I.M. (2017). Redesain meja makan lipat minimalis modern. E-journal Polteknik Negeri Samarinda, 4(2), 64-72.

Sari, G.M., & Purnomo, H. (2017). Desain komponen tambahan pada sepeda untuk frame tenda menggunakan model kano. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 16(1), 48-55.

Nurjannah, A., & Purnomo, H. (2018). Rancang desain produk setrika pegas menggunakan metode kano. Jurnal Teknik, 39(1), 9-15.

Oryza, D.G., Rachmawati, L.D., & Shodiq, A.K.M. (2018). Perancangan ulang headset dan penutup mata untuk tidur dengan menggunakan metode nigel cross. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 11(1), 65-77.

Fajriyati, S.M., & Moeliono, N.N.K. (2019). Analisis kualitas pelayanan mengunakan model kano (studi kasus pada ptrans tahun 2018). E-Proceeding of Management, 6(1), 904-911.

Hermanto., & Wiratmani, E. (2019). Analisis kualitas pelayanan jasa go-ride dengan metode kano dan quality function deployment terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pt go-jek indonesia). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(2), 140-148.

Irwansyah. (2019). Tinjauan antropometri kursi dan meja makan pada restoran 4 fingers crispy chicken. Jurnal Ilmiah Desain Interior, 5(2), 373-378.

Hakim, L.N. (2020). Urgensi revisi undang-undang tentang kesejahteraan lanjut usia. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 43-55

Zyahri, M., & Purnomo, H. (2020). Pengembangan desain produk trolley menggunkaan metode kano. Prosiding Industrial Engineering National Conference, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Laksitarini, N., & Nugroho, I,C. (2021). Analisis ergonomi dan antropometri kursi dan meja makan pada dialoog cafe & eatery ambon. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(3), 143-148.

Downloads

Published

2023-06-14

Issue

Section

Articles