ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMUTUSKAN MINIMARKET SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA

Authors

  • Yayan Saputra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rifda Ilahy Rosihan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Widya Spalanzani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ratih Kumalasari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hany Riyanti Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.34151/rekavasi.v10i1.3880

Keywords:

Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Faktor Lokasi, Faktor Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan dalam memilih minimarket sebagai tempat berbelanja (Studi kasus  pada Masyarakat kecamatan Tigaraksa). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan software SPSS 26 dengan jumlah sample 100 responden yang merupakan masyarakat kecamatan Tigaraksa dan 28 variable. Hasil dari penelitian ini diperoleh delapan faktor dengan faktor tertinggi adalah faktor lokasi, kemudian diikuti faktor harga, produk, sosial, promosi, pelayanan, pribadi dan faktor terakhir faktor budaya dengan nilai eigen value 1,008

References

Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2), 1–9.

Hariyadi, G. T. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16–32. https://doi.org/10.33633/jpeb.v1i1.1475

Immanuel, D. M., & Yuwono, S. B. (2020). Analisis Keputusan Pembelian Produk Hampers (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Hampers di Surabaya). Parsimonia-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 16–36.

Isa, M., & Istikomah, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Manahemen Dayasaing, 21(2), 98–110. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t082385

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen, 15th Edition. Prentice Hall.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Deepublish.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

S. Sumolang, K., & L. Mandey, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Menggunakan Kartu Simpati Telkomsel the Factors Which Influence Unsrat ’ S Faculty of Economics Students ’ To Make Purchasing Decision on Simpati Telkomsel Calling Card. 6(1), 261–270. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/19048

Sudayono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi. Andi.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles