Biaya Investasi Untuk Membangun Kolam Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) Limbah Cair Batik (Studi Kasus di Kota Yogyakarta Tahun 2020)

Authors

  • Pujiasih Universitas Widya Mataram yogyakarta

Keywords:

Volume Limbah Cair Batik, Luas Tanah ,Biaya Pembangunan IPAL.

Abstract

Penelitian dengan judul Biaya Investasi Untuk Membangun Kolam Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) bertujuan untuk mengetahui kebutuhan  tanah yang diperlukan dan biaya  untuk membangun kolam IPAL. Penelitian ini merupakan penelitianlanjutan yang penulis lakukan (2010) dan limbah cair yang ada khusus menggunakan zat pewarna pewarna Naptol.

Dasar untuk membangun  kolam IPAL adalah tingkatan proses pengolahan limbah yang bisa memenuhi persyaratan baku muktu yang ditetapkan oleh Pemerintah. Selanjutnya untuk mempermudah perhitungan dimisalkan volume limbah dari proses pewarnaan dan hilang lilin serta penganjian masing-masing 1 m3. Untuk menghitung biaya pembuatan kolam IPAL disesuaikan dengan rancangan desain kolam yang akan dibuat dan harga tanah serta biaya pembangunan di lokasi penelitian.

Hasil penelitian luas tanah yang diperlukan untuk membuat IPAL sebanyak 34,425 m2.  Biaya yang diperlukan untuk membangun  kolam IPAL adalah sebesar Rp 172.125.000,-.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles