ANALISIS QFD DAN TRIZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INTERNET MARKETING

Authors

  • Muh Fariz Hadi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Endang Widuri Asih Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Mega Inayati Rif'ah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

internet marketing, QFD (Quality Function Deployment), TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving)

Abstract

Batik Pirukun adalah produsen pakaian dari batik tulis. Produk dijual pada distributor dengan harga dibawah pasaran. Pihak manajemen menginginkan produk dapat dijual langsung ke konsumen sehingga keuntungan bertambah. Media pemasaran yang dipilih yaitu dengan e-commerce. Banyak penjual serupa berlomba-lomba membuat e-commerce. Ini menjadi tantangan untuk setingkat lebih maju dalam internet marketing. Terutama variabel-variabel penting yang sebenarnya menjadi kebutuhan calon pembeli/pengguna website. Sedangkan setiap pelanggan memiliki penilaian tersendiri terhadap e-commerce.
Tujuan penelitian ini untuk mencari variabel-variabel utama yang diinginkan calon pembeli/pengguna ecommerce, maka digunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Variabel-variabel utama ini akan diidentifikasi lebih lanjut untuk diperoleh strategi kreatif yang sebaiknya diterapkan. Metode yang digunakan adalah Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ).
Hasil dari penelitian ini, variabel-variabel utama yang menjadi penilian konsumen terhadap kualitas internet marketing dari Batik Pirukun berdasarkan QFD adalah: (1) Kualitas pengiriman tepat waktu dan aman, (2) Perusahaan terbuka terhadap saran pelanggan, (3) Kualitas produk, (4) Kepercayaan yang diberikan, (5) Kemudahan akses media lain, dan (6) Kenyamanan dan kemudahan transaksi. Kemudian dicari solusinya dengan TRIZ melalui Contradiction Matrix untuk mendapatkan Inventive Principle. Dipilih satu principles berdasarkan pertimbangan Technical Parameters dan e-commerce terbaik di Indonesia. Implementasi hasil penelitian ini dibuat di dalam pirukun.com. Nilai website dari analisis McCall sebesar 78,9% dengan predikat cukup baik.

Downloads

Published

2016-05-30

Issue

Section

Articles