ANALISIS PENYEBAB KECACATAN WREAPPER PADA MESIN SINGLE FLOWRAP (SFW) MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE EFFECT AND ANALYSIS (FMEA) & FAULT TREE ANALYSIS (FTA) PADA PT. NESTLE INDONESIA

Authors

  • Angga Pratama Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Endang Widuri Asih Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Petrus Wisnubroto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

defect mode, diagram pareto, metode fault tree analysis, metode failure mode and effect analysis, RPN (Risk Priority Number)

Abstract

PT. Nestle Indonesia mengalami kendala dalam memenuhi permintaan konsumen, yaitu berupa produk cacat yang tinggi yang disebabkan oleh FOX’S wrapping. FOX’S wrapping merupakan proses pembungkusan dari naked menjadi produk semi finish good. Mesin yang digunakan untuk FOX’S wrapping pada PT.Nestle sebanyak 6 (enam) mesin Single Flowrap dengan jumlah 3 sift. Salah satu hal pendukung kelancaran proses produksi adalah fungsi mesin yang berjalan dengan baik dan tidak terdapat kendala. PT. Nestle Indonesia dalam melakukan pencegahan defect belum menggunakan metode yang baik sehingga defect yang ditemukan belum mendapatkan penanganan yang sesuai dengan masalah yang ada.
Penelitian ini menganalisa jenis defect yang ada pada setiap mesin dan metode penanganan secara mengakar sehingga dapat di temukan penyebab awal yang menjadi sumber defect dengan menggunakan metode fault tree analysis (FTA), kemudian menentukan nilai severity, occurance & detection pada metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) untuk menghasilkan perhitungan menggunakan RPN (Risk Probability Number). Dari hasil RPN (Risk Probability Number) kemudian dilakukan pengurutan menggunakan diagram pareto sehingga dapat dilihat nilai tertinggi yang harus di perbaiki terlebih dahulu.
Berdasakan penelitian diperoleh nilai RPN tertinggi pada jenis defect mode nomor 1,5,6 dan 9. hasil nilai
RPN 648 di hasilkan oleh jenis defect nomor 1 dengan penyebab naked doble dan metode penanganan pemasangan tray displat. Sedangkan tertinggi kedua yaitu jenis defect mode 5 dengan penyebab suhu tidak setabil dan metode penanganan pengaturan suhu pada mesin secara berkala.

Downloads

Published

2016-05-30

Issue

Section

Articles