ELIMINASI WASTE DALAM PROSES BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN SERVICE (STUDI KASUS PT. BORNEO ALAM SEMESTA)

Authors

  • Winda Nur Cahyo Universitas Islam Indonesia
  • Yasir Masli Saputra Universitas Islam Indonesia

Keywords:

Waste, Lean, VSM, Resiko

Abstract

Dalam perkembangan bisnisnya, PT. BAS mengalami beberapa kendala dalam menangani proses perbaikan, seperti overbudget dari biaya perbaikan dibandingkan dengan harga komponen baru dari dealer resmi, estimasi waktu penyelesaian perbaikan komponen yang melebihi ekspektasi dari yang sudah dijadwalkan, keterlambatan pengiriman komponen baik dari dan ke lokasi tambang, dan jumlah manpower yang tidak terprediksi kebutuhannya. Pada penelitian ini, dalam mengidentifikasi waste akan digunakan VALSAT dan Value Stream Mapping proses repair engine. Dalam mengurangi dan memperbaiki proses yang ada, akan dilakukan manajemen risiko, guna mengetahui probabilitas dan dampak yang terjadi. Hasil dilakukan analisis faktor penyebab waste yang terjadi, dari ketujuh waste dianalisis tiga waste yang sering terjadi yaitu unnecessary motion, waiting, dan inappopriate processing. Hasil dari VSM dan PAM, beberapa aktivitas NVA yaitu pencucian dan pembungkusan barang, proses approval onderdil ke team workshop, reminder orderan ke supplier atau vendor, dan pengecatan engine dieliminasi dan selanjutnya dengan usulan mitigasi, berdasar stakeholder terkait mampu mengurangi waktu proses, seperti dapat terlihat pada future VSM didapatkan cycle time sebesar 16390 menit, berkurang sebesar 42% dari current VSM.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles