ANALISIS KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD (HRS) DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA CV. SUDIRMAN

  • Muhammad Abhimantra Chandra Nugraha IST AKPRIND Yogyakarta
  • Endang Widuri Asih IST AKPRIND Yogyakarta
  • Winarni Winarni IST AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Human Resources Scorecard, Total Quality Management, Karyawan

Abstract

Perkembangan dunia industri saat ini semakin pesat, baik industri manufaktur maupun jasa. Dalam
perusahaan tentunya banyak melibatkan banyak karyawan yang berperan penting dalam mencapai tujuan sebuah
perusahaan. CV. SUDIRMAN merupakan industri yang bergerak dalam bidang pengecoran logam. Metode Human
Resources Scorecard (HRS) dan Total Quality Management (TQM) adalah dua metode yang dapat digunakan untuk
mengukur kinerja karyawan. Dalam metode human resources scorecard terdapat 4 perspektif yaitu perspektif Human
Resources Competency, perspektif High Performance Work System, perspektif Human Resources Deliverable, dan
perspektif Human Resources Efficiency. Dalam total quality manajemen secara garis besar memiliki arti
pemberdayaan karyawan dalam pengambilan sebuah keputusan. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas data kuesioner
dalam penelitian ini maka diperoleh Rtabel sebesar 0,297. Nilai alpha untuk metode Human Resources Scorecard
sebesar 0,879 dan nilai alpha untuk metode Total Quality Management sebesar 0,878. Hasil pengolahan data penelitian
dengan metode Human Resources Scorecard didapat untuk perspektif Human Resorces Competency didapatkan hasil
sebesar 996 (memuaskan), perspektif High Performance Work System sebesar 425 (memuaskan), perspektif Human
Resources Deliverable sebesar 991 (memuaskan), perspektif Human Resources Efficiency sebesar 1098 (memuaskan)
dan hasil metode Total Quality Management yaitu sebesar 2978 (memuaskan).

 

Published
2020-05-29
Section
Articles