ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PRODUK CACAT PAKAIAN DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI CV. YUSSUF & CO

  • Andrian Yupi Bagaskoro Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Muhammad Yusuf Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Petrus Wisnubroto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: SQC, FMEA, RPN

Abstract

Pada era saat ini perkenbangan teknologi yang semakin maju dan pesatnya kondisi pasar industri menuntut pereusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para konsumen. CV. Yussuf & CO adalah salah satu perusahaan yang memproduksi pakaian di Sleman, Yogyakarta. Pada saat ini perusahaan belum mempunyai strategi mengurangi produk cacat pakaian. Perusahaan ini agar bertahan adalah dengan mengurangi produk cacat pakaian dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) dan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) .
Hasil perhitungan pareto diagram maka diperoleh tiga jenis kecacatan kumulatif berkisar 80% yaitu kotor, salah potong dan jahit. Hasil perhitungan FMEA untuk kecacatan kotor diperoleh modus kegagalan potensial dengan nilai angka RPN 270. Modus kegagalan potensional selanjutnya adalah salah potong dengan nilai RPN 336, Modus kegagalan potensional selanjutnya adalah salah jahit dengan nilai 210.

Published
2020-05-29
Section
Articles