ANALISIS STRATEGI PEMASARAN EVA BOUTIQUE DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

Authors

  • Ihsan Prayudi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Petrus Wisnubroto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Joko Susetyo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Strategi, SWOT, QSPM

Abstract

Strategi pemasaran adalah kemampuan untuk menjual atau mendistribusikan produk yang dimiliki agar target usaha dapat tercapai keberhasilan. Salah satu kegiatan usaha adalah EVA BOUTIQUE yang bergerak pada bidang penjualan baju perempuan. Adapun kendala yang ditemui pada usaha ini yakni pilihan size dan warna terbatas, iklan dan promosi tidak selalu rutin, tempat kurang luas, kurangnya sarana pendukung, ancaman produk dengan skala besar ,munculnya pesaing baru lebih kuat serta kekuatan tawar menawar barang hal ini akan mengakibatkan penjualan menurun. Oleh sebab itu maka manajemen perlu adanya meningkatan pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM metode ini sangat saling berhubungan dalam strategi penjualan.
Dari hasil perhitungan yang ada pada EVA BOUTIQUE didapatkan skor Kekuatan didapatkan dengan nilai tertinggi yakni sebesar 0,536 dengan pernyataan ‘pelayanan toko yang ramah’, Nilai kelemahan yang tertinggi diapatkan dengan angka 0,202 ‘Area parkir kurang luas’, Nilai peluang yang tertinggi didapatkan pada angka 0,384 dengan pernyataan ‘gaya hidup masyrakat yang konsumtif’ dan nilai ancaman tertinggi dengan angka 0,184 dengan pernyataan ‘munculnya pesaing baru yang lebih kuat dan naiknya harga kebutuhan berpengaruh pada penjualan’ dan nilai untuk QSPM (quatitative strategic planing matriks) yaitu strategi I dengan pernyataan ‘Melakukan pemasaran di media sosial dengan lebih memberikan trend fashion yang beragam dan selalu update fashion terbaru’ dengan nilai bobot total strategi sebesar 6,547.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles