PENGURANGAN WASTE DENGAN PENDEKATAN LEAN THINKING DAN METODE SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BUKU DI PT. MULIA BARU YOGYAKARTA

Authors

  • Ciinde Lulut Nugroho Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Winarni Winarni Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Cyrilla Indri Parwati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Big Picture Mapping, VALSAT, Waste, Six Sigma, DMAIC

Abstract

PT. Muria Baru merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan buku dan novel
serta majalah. Untuk memenuhi permintaan kepuasan pelanggan perusahaan selalu berusaha meningkatkan
produksinya. Produksi masih sering mengalami hambatan – hambatan ataupun aktivitas yang tidak memiliki
nilai tambah (non value added) seperti waktu tunggu yang lama, kecacatan dan proses produksi yang tidak
sesuai dengan prosedur kerja. Akibat, produk buku sering mengalami banyak kecacatan dalam produksi dan
produk cacat .
Dalam penelitian ini menggunakan big picture mapping dan alalisis tools VALSAT sebagai alat untuk
mencapai tujuan lean thingking yaitu mengidentifikasi pemborosan yang terjadi di lantai produksi dan
meminimalisir waste tersebut. Penilitian ini mengidentifikasi terjadinya seven waste, selanjutnya melihat detail
mapping yang ada dengan menggunakan value stream mapping. Penelitian ini juga menggunakan DMAIC
sebagai alat untuk mencapai tujuan six sigma yaitu meminimalisir kecacatan produk dan mencari akar penyebab
waste menggunakan fishbone diagram dengan pendekatan faktor man,mechine,matrial,method dan environment
dan memberikan usulan perbaikan.
Hasil obeservasi atau penelitian menunjukan bahwa bahwa banyak CTQ penyebab kegagalan dalam
proses produksi yaitu sebanyak 2 (dua) yaitu isi kotor dan cover kotor, dan melalui perhitungan, percetakan
buku memiliki rata-rata tingkat sigma yaitu 3.50. Jenis-jenis waste yang paling dominan atau berpengaruh pada
lantai produksi percetrakan buku yaitu waste defect sebesar 18.44% dan waste motion sebesar 21.28%. selain itu
melalui pengolahan data yang dilakukan, ditemukan faktor-faktor penyebab produk menjadi cacat melalui
pembuatan diagram sebab akibat, dan telah dibuatkan solusi untuk mengurangi faktor-faktor penyebab produk
cacat dalam tahapan improve

Downloads

Published

2019-05-29

Issue

Section

Articles