PEMBUATAN LARUTAN STANDAR BUFFER FTALAT YANG TERTELUSUR UNTUK MENJAMIN KEAKURATAN PENGUKURAN pH PADA PEMANTAUAN KUALITAS AIR

Authors

  • Ayu Hindayani Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Badan Standardisasi Nasional (PUSRISBANG SDM – BSN)
  • Nuryatini Hamim Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Badan Standardisasi Nasional (PUSRISBANG SDM – BSN)
  • Oman Zuas Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Badan Standardisasi Nasional (PUSRISBANG SDM – BSN)
  • Yosi Aristiawan Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Badan Standardisasi Nasional (PUSRISBANG SDM – BSN)
  • Christine Elishian Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Badan Standardisasi Nasional (PUSRISBANG SDM – BSN)
  • Harry Budiman Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Badan Standardisasi Nasional (PUSRISBANG SDM – BSN)
  • Isna Komalasari Standar Nasional Satuan Ukuran Kimia – Badan Standardisasi Nasional (SNSU Kimia – BSN)
  • Andreas Pusat Penelitian Kimia – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PUSLIT Kimia – LIPI) Gedung 452 Kawasan PUSPIPTEK Serpong

Keywords:

Differential Potentiometric Cell, Homogenitas, Stabilitas jangka pendek

Abstract

Telah dilakukan pembuatan larutan standar buffer ftalat yang tertelusur oleh Laboratorium Elektrokimia, Standar Nasional Satuan Ukuran – Badan Standardisasi Nasional. Larutan standar buffer ftalat 0,05 molal dibuat dari kalium hidrogen ftalat. Nilai pH larutan standar buffer ini diukur menggunakan Differential Potentiometric Cell. Homogenitas dan stabilitas jangka pendek larutan standar yang dibuat dievaluasi pada suhu 40°C selama 4 minggu. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa larutan standar yang dibuat bersifat homogen dan stabil dengan nilai pH 4,008 dan juga larutan standar yang dibuat tersebut tertelusur ke satuan internasional (SI) melalui SRM NIST 185i. Larutan standar buffer yang dibuat dapat digunakan sebagai salah satu larutan standar buffer dalam mengkalibrasi pH meter menggunakan metode kalibrasi dua titik atau banyak titik. Dengan menggunakan larutan buffer standard tersebut dalam mengaklibrasi pH meter untuk tujuan pengawasan lingkungan, maka hasil pengukuran pH yang akurat, dapat dipercaya dan dapat dibandingkan dapat di jamin. Dan juga, keberadaan larutan standar buffer ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dalam upaya memelihara ketertelusuran hasil pengukuran pH di Indonesia. 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles