PERBAIKAN TATA LETAK PENYIMPANAN BARANG JADI DI PT ABC UNTUK MENINGKATKAT “KEMUDAHAN” PENCARIAN PRODUK

Authors

  • Parama Kartika Dewa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta
  • Eustokia Errika Pradana Saputri Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta

Keywords:

Dedicated Storage, Tata Letak, Mudah, Perangkingan T/S, Rapi

Abstract

Gudang produk memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan. PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakkan kemasan di Yogyakarta. Produk yang dihasilkan antara lain berupa box kemasan, box catering, paper bag dan box take away. Barang jadi hasil produksi disimpan di area gudang penyimpanan sebelum dikirim ke customer. Kondisi gudang barang jadi perusahaan belum memiliki aturan penyimpanan sehingga barang diletakkan di area yang kosong dan masih tercampur satu sama lain. Sistem penyimpanan seperti itu membuat susunan barang menjadi tidak rapi dan kesulitan dalam mencari barang. Tujuan dari penelitian memberikan usulan perbaikan yang rapi untuk mempermudah aktivitas pencarian barang di gudang.

Metode dedicated storage dipergunakan dengan perhitungan troughput dan perangkingan T/S. Metode ini menghasilkan area penyimpanan berdasarkan jenisnya. Selain itu, penempatan barang disesuaikan dengan tingkat aktivitasnya berdasarkan hasil perangkingan T/S. 

Usulan pertama merupakan tata letak berdasarkan jenis pesanan dengan 12 area penyimpanan. Usulan kedua merupakan tata letak berdasarkan jenis  bahan baku dengan 5 area penyimpanan. Kondisi usulan sesuai dengan konsep mudah dalam menghilangkan atau mengurangi kegiatan mencari. Hal ini disesuaikan dengan indikator yang ada. Pada indikator kejelasan ciri – ciri objek, kondisi usulan berupa adanya stiker label pada setiap barang yang disimpan. Pada indikator ketetapan tempat penyimpanan, kondisi usulan menggunakan metode penyimpanan dedicated storage. Pada indikator tempat penyimpanan yang tembus pandang, kondisi usulan memilki tempat penyimpanan dengan kardus yang ditumpuk pada area. Indikator kesesuaian tata letak penyimpanan, kondisi usulan memiliki susunan tata letak berdasarkan tingkat aktivitas barang digudang.

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles