RANCANG BANGUN APLIKASI E-MARKETING PADA DEALER MOBIL XYZ KUPANG BERBASIS WEB

Authors

  • Jimi Asmara STIKOM Uyelindo Kupang

Keywords:

E-marketing, Responsive Website, Sales Promotion

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang pesat dan canggih, telah membawa dampak yang besar dalam kehidupan saat ini. Hal ini ditunjukan dengan semakin meningkatnya kegiatan pembangunan maupun perkembangan teknologi informasi. Salah satu sarana yang digunakan untuk pembangunan teknologi informasi adalah penggunaan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat website e-marketing mobil berbasis web responsive sehingga dapat membantu salesmen agar mendapatkan database costumer pembelian mobil sebanyak mungkin agar bisa di-follow up agar terealisasi pembelian mobil, menarik banyak pelanggan dan menjaga loyalitas  pelanggan agar lebih meningkatkan proses penjualan pada CV. XYZ. Metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini mulai dari studi literatur dengan mempelajari referensi-referensi yang terkait dengan penelitian, pengumpulan data, analisis sistem berupa analisis masalah, pemecahan dan kebutuhan, menerapkan customer relationship management, kemudian langkah selanjutnya adalah perancangan sistem secara keseluruhan, setelah itu pengujian sistem apakah berjalan sesuai dengan tujuan penelitian. Apabila sistem menunjukkan hasil yang valid maka sistem siap untuk diimplementasikan. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah sistem berbasis web responsive dengan penerapan E-marketing sehingga dapat mempermudah costumer untuk mengetahui informasi simulasi kredit mobil maupun promo bulanan yang tersedia pada dealer CV. XYZ dan juga dipermudah dengan dapat mengakses secara mandiri melalui PC, laptop maupun dengan menggunakan smartphone kapanpun dan dimanapun konsumen berada, sehingga mampu meningkatkan penjualan pada CV. XYZ

 

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles