PERBAIKAN PERFORMA TERHADAP DAERAH CAKUPAN JARINGAN LTE DI SEPANJANG JALUR KERETA RAILINK DARI STASIUN BATUCEPER KE STASIUN BNI CITY

Authors

  • Arif Ludyo Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Uke Kurniawan Usman Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Nur Andini Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom

Keywords:

KPI, LTE RSRP, SINR, railink, throughput

Abstract

Di Indonesia, kereta api bandara atau Railink sudah beroperasi di Kota Tangerang, tepatnya di Bandara Soekarno—Hatta. Sebagian besar penumpang Railink menggunakan smartphone yang telah terintegrasi dengan teknologi Long Term Evolution (LTE). Hasil pengukuran kualitas jaringan LTE menunjukkan bahwa terdapat 8 area Bad Spot dengan nilai rata—rata parameter Reference Signal Received Power (RSRP) sebesar -100,39 dBm, parameter Signal to Interference Noise Ratio (SINR) sebesar 4,50 dB, dan parameter Throughput sebesar 3,92 Mbps. Nilai parameter tersebut masih belum memenuhi standar Key Performance Indicator (KPI) suatu operator.Untuk mengatasi permasalahan rendahnya nilai parameter RSRP, SINR, dan Throughput, metode yang digunakan adalah dengan menggunakan perbaikan dari segi Coverage. Pendekatan pada metode tersebut dilakukan dengan cara mengubah beberapa nilai parameter transmitter, dengan metode physical tunning seperti mechanical tilting, perubahan pola azimuth, serta menyesuaikan ketinggian antena. Metode selanjutnya adalah power configuration, atau pengaturan daya pancar pada suatu transmitter. Ambang batas standar KPI operator untuk parameter RSRP adalah lebih besar dari -91 dBm, SINR lebih besar dari 16 dB dan Throughput lebih besar dari 12 Mbps. Dengan melakukan perbaikan pada 8 titik Bad Spot, diperoleh hasil nilai parameter yang memenuhi KPI operator dengan nilai rata—rata parameter RSRP setelah perbaikan adalah -89,95 dBm, parameter SINR sebesar 16,83 dB dan parameter Throughput sebesar 37,42 Mbps.

 

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles