PERBAIKAN PERFORMANSI LAYANAN KOMUNIKASI VoIP DI TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK

Authors

  • Astrid Maydiana Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Uke Kurniawan Usman Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Nur Andini Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom

Keywords:

japek, KPI, QoS, VoIP

Abstract

Beberapa titik di sepanjang jalur Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) mengalami pelemahan sinyal hingga berada di ambang batas Key Performance Index (KPI). Saat berkomunikasi menggunakan layanan data khususnya komunikasi Voice over Internet Protocol (VoIP), user sering mengalami kegagalan dan mengalami reconnecting secara otomatis. Perbaikan terhadap coverage dilakukan dengan skenario mengubah pola azimuth antenna, dan carrier aggregation. Hasil analisis terhadap nilai rata-rata persebaran Reference Signal Received Power (RSRP) meningkat dari -92,31 menjadi -76,66 dBm. Nilai rata-rata persebaran Signal Interference to Noise Ratio (SINR) ikut meningkat dari 5,17 dB menjadi 7,79 dB. Serta nilai throughput mengalami peningkatan dari 19,985 Mbps menjadi 33,048 Mbps. Hasil analisis mengenai permasalahan user yang gagal terkoneksi pada jaringan eksisting sebanyak 3.527 user (9,7%) mengalami penurunan menjadi 123 user (0,3%). Nilai delay sebesar 93,93 ms, nilai jitter sebesar 40,4 ms, dan nilai packet loss sebesar 1,04%. Ketiga nilai tersebut sudah memenuhi KPI dari Quality of Service (QoS).

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles