SISTEM MONITORING KUALITAS TANAH UNTUK TANAMAN PADI DENGAN PARAMETER RESISTIVITAS TANAH BERBASIS INTERNET OF THINGS

Authors

  • Gatot Santoso Institut Sains &Teknologi Akprind Yogyakarta
  • Slamet Hani Institut Sains &Teknologi Akprind Yogyakarta
  • Achmad Gilang Karigas Institut Sains &Teknologi Akprind Yogyakarta

Keywords:

tanaman padi, resistivitas tanah, internet of things

Abstract

Keberhasilan petani dalam menanam padi sangat tergantung pada kesuburan lahan pertaniannya. Agar mencapai hasil panen yang maksimal maka petani perlu memperhatikan beberapa faktor dari kesuburan lahan untuk tanaman padinya. Faktor yang mempengaruhi yaitu nilai resistivitas tanah, saluran irigasi, dan pemperian pupuk yang berlebihan atau tidak sesuai takaran.

Sistem monitoring kualitas tanah untuk tanaman padi dengan parameter pada pengukuran resistivitas tanah berbasis internet of things akan membantu petani dalam menentukan komposisi pupuk yang sesuai. Penerapan sistem kendali jarak jauh pada sistem monitoring ini telah berhasil diterapkan dengan kecepatan rata-rata pengendalian sebesar 1,2 detik. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem monitoring kualitas tanah yang telah dibuat memiliki nilai resistivitas tanah sebesar 5-250 Ohm. Hal ini menunjukan bahwa tanah yang akan digunakan sebagai lahan pertanian itu termasuk jenis tanah lumpur yang layak digunakan sebagai lahan pertanian tanaman padi.

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles