Simulasi Kendali Sequensial untuk Proses Pengisian Ulang Tabung LPG 3 Kg Dengan PLC (Programmable Logic Controller)

  • Eko Susanto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: simulasi, conveyor, PLC, sensor

Abstract

Pembuatan desain simulasi system conveyor ini adalah untuk mensimulasikan dan membuat sistem kontrol conveyor pada proses pengisian (refilling) tabung gas 3 kg menggunakan PLC. Sistem kontrol menggunakan PLC ini memiliki jalur masukan sebagai input yaitu 2 buah tombol untuk menyalakan dan mematikan kerja sistem, dan 15 buah sensor diantranya 13 buah sensor jarak ( proximity) untuk mengontrol keberadaan tabung diatas conveyor, 1 buah sensor kawat peka regangan (strain gauge) untuk mengnonaktifkan proses pengisian, 1 buah sensor gas untuk mendeteksi kebocoran gas pada tabung dan jalur keluaran sebagai output yaitu 6 buah motor DC untuk menggerakan 6 buah conveyor , 8 buah solenoid untuk mendorong dan mengambil tabung di atas conveyor. PLC yang digunakan PLC omron tipe CPIE-E30, yang digunakan sebagai sistem kontrol harus diprogram, bahasa pemrograman yang digunakan adalah diagram tangga, diagram tangga dibuat menggunakan software cx prgrammer melalui komputer. Setelah program dibuat kemudian disimulasikan menggunakan PLC Simulator untuk mengetahui apakah program tersebut benar atau tidak.

References

Aditya Purnomo,Ir. Retnowati dan Ir. Erni Yuda Nigtyas.MT. (2013)., Pendeteksian Logam Berbasis PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL) Dengan Sistem Peneumatik Pada Conveyor, Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang.
Hendri Ardiansyah, Nandang Taryana dan Decy Nataliana.(2013),.Simulator Sistem Pengepakan dan Penyortiran Barang berbasis PLC Twido TWDLMDA20DTK. Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung.
Moch. Akbar Ramadhan A.F, Sumardi dan Budi Setiyono. (2015)., Perancangan sistem Pengemasan Virgin Coconut Oil (VCO) menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) pada perangkat keras conveyor, Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang.
Septa. Pristi Karisma. (2014),. Simulsi Kontrol Sequental Conveyor dengan Progambal Logic Controller (PLC) OMRON CPIE_E30 menyampaikan bahwa Pembuatan simulasi kontrol sequential conveyor,Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Sugijono Efendi. (2012),. Pemisahan Produk Cacat Menggunakan PLC Schneider Twido TWD20DTK, Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri ,Institut Teknologi Padang.
Yuda Yuandhitra, Waluyo, dan Nandang Taryana. (2016)., Pengaturan Kecepatan Motor DC pada conveyor untuk Sistem Pemisah Produk Cacat, Pengepakan dan Penyortiran Barang Di-monitoring Menggunakan SCADA Berbasis Wireless, Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional.
W.Bolton,Erlangga, Jakarta (2004). Programmable Logic Controller (PLC).
Hanif Said, Bekasi (2012), Aplikasi Programmable Logic Controller (PLC) System Peneumatik pada Manufaktur Industri.
A.Spivkovsky, Conveyor And Relatif Equipment.
Published
2019-01-24
Section
Articles