Rancang Bangun Alat Bantu Untuk Pengelasan Siku, T dan Sejajar untuk Praktikum Teknik Pengelasan

  • Gusti Jallu Ismoyoaji Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Aditya Jihan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ery Setiawan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Bambang Wahyu Sidharta Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: alat bantu pengelasan, Jig, meja las

Abstract

Tujuan dari perancangan alat bantu pengelasan dengan Jig ini adalah untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan proses pengelasan dasar, sehingga dapat mempraktekkan secara langsung proses pengelasan pada dunia kerja nanti. Selain itu perancangan alat bantu pengelasan ini juga bertujuan untuk menguji kompetensi mahasiswa,  dengan cara melakukan uji kompetensi pengelasan sehingga dapat menaikan kinerja dari para mahasiswa .

Konsep perancangan alat bantu pengelasan dengan Jig ini adalah menggabungkan konsep kerja dari beberapa alat bantu yang sudah terlebih dahulu ada, kemudian digabungkan dalam satu alat bantu yang mampu mempermudah kinerja dari juru las. Meja yang digunakan untuk pengelasan biasanya menggunakan plat lembaran dengan diberi kaki-kaki disetiap sisinya, sehingga perancangan alat bantu ini kami buat dengan memodifikasi beberapa komponen dari meja las dengan memasukan media Jig sebagai pemegang benda kerja yang akan di las.

Dari hasil perancangan alat bantu pengelasan dengan Jig ini di dapat hasil yaitu material yang digunakan untuk Jig adalah baja plat dengan dimensi ukuran tebal 20mm, panjang 350mm, lebar 200mm, material untuk rangka adalah menggunakan baja jenis Hollow dengan dimensi ukuran 30mm x 30mm x 2m, material bata tahan api (fire brick) membutuhkan 14 buah bata tahan api dengan dimensi tinggi 50mm x 200mm x 100mm dengan berat satu buah 3,5 kg.

References

Fatahul, A, 2008, Alat Penepat (JIG &FIXTURE).www.Scribd.com/doc/27644570/JIG-AND-FIXTURE. Di akses 18 Agustus 2016, 22:30 WIB.
G.Takeshi Sato dan N. Sugiarto H,2003,Menggambar mesin menurut standar ISO, Pradya paramita, Jakarta.
Harsono. W & T. Okumura, 1991, Teknologi pengelasan logam, Pradnya paramita, Jakarta.
Isma, Putra boy, 2008, Elemen Mesin Untuk Industri, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sularso, 2002, Elemen Mesin, Pradnya Paramita, Cetakan Kesepuluh, Jakarta.
W. Kenyon, 198, Dasar-dasar pengelasan. Erlangga, Jakarta
Published
2019-01-24
Section
Articles