Rancang Bangun Alat Penghisap Debu Untuk Komponen Kendaraan Ramah Lingkungan

  • Rindra Prabowo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Bayu Gumilar Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Burhanudin Iryana Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Iqbal Wijaya Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Aji Pranoto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Alat pengisap debu, komponen kendaraan

Abstract

Debu merupakan kotoran yang sering berterbangan dilingkungan sekitar, apabila debu tersebut terhirup oleh manusia maka akan  menyebabkan gangguan pada pernafasan manusia. Sama halnya terhadap komponen kendaraan yang beroperasi setiap waktu. Debu yang menempel pada komponen kendaraan akan mengakibatkan gangguan-gangguan pada kinerja komponen tersebut, rancang bangun alat pengisap debu pada komponen kendaraan yang ramah lingkungan ini bertujuan untuk menjaga dan meminimalisir debu yang berterbangan diudara bebas akibat dari pembersihan komponen kendaraan yang kurang diperhatikan efek sampingnnya bagi kesehatan manusia. Dengan adanya alat penghisap debu pada komponen kendaraan yang ramah lingkungan ini, kita dapat membersihkan komponen-komponen tersebut tanpa harus mencemari lingkungan sekitar, selain itu alat ini membantu mekanik dalam pembersihan komponen-komponen kendaraan yang berdebu seperti filter udara,  kampas rem, kampas kopling mobil, dan komponen-komponen lainnya.

Proses pembuatan rancang bangun alat penghisap debu pada komponen kendaraan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan tahap perencanaan bentuk, perencanaan ukuran, penentuan dan perancangan komponen-komponen pendukung untuk alat penghisap debu pada komponen kendaraan. Melakukan survei bahan-bahan dan komponen-komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan alat sehingga menghasilkan rancang bangun alat penghisap debu pada komponen kendaraan yang ramah lingkungan dan mempunyai manfaat bagi dunia otomotif selain itu bermanfaat juga bagi lingkungan sekitar. Setelah beberapa komponen yang dibutuhkan oleh alat penghisap debu pada komponen kendaraan ini terkumpul maka tahap selanjutnya yaitu merakit beberapa komponen agar terbentuknya suatu alat penghisap debu pada kendaraan yang berguna dan bekerja sesuai fungsinya. Melakukan pembahasan dan pengkajian alat agar alat  penghisap debu pada komponen kendaraan ini benar-benar dapat bekerja sesuai  fungsinya.

Hasil perancangan alat penghisap debu pada komponen kendaraan yang ramah lingkungan memiliki spesifikasi berdimensi diameter drum bagian atas 590 mm, dengan drum bagian atas yang berukuran tersebut maka drum ini dapat menampung sebuah blower dan filter. Drum bagian bawah berdiameter 590 mm dengan tinggi 300 mm  yang mampu menampung air 35- 40  liter air. Rangka memiliki dimensi tinggi 910 mm, lebar 540 mm, dan panjang 590. Rangka terbuat dari plat besi ST34 dengan profil L. Alat penghisap debu komponen kendaraan ramah lingkungan memeliki fungsi dan cara kerja menghisap debu dari hasil proses pembersihan komponen dan di filtrasi oleh aliran air sehingga debu akan tersaring dan larut kedalam air dan udara kotor yang terhisap akan keluar kembali dalam keadaan bersih.

References

Church Austin.1986. Pompa Dan Blower Sentrifugal. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sularso, Haruo Hatara. 2004, Pompa Dan Kompresor. Jakarta: Pradnya Paramita.
Nouwen Ing.1981, Pompa Jilid 2, Jakarta, Bhatara Karya Aksara.
Wiryosumarto, W. Okumora, T .1994 Teknologi Pengelasan Logam cetakan keenam. Jakarta: Pradnya Paramita.
Published
2019-01-24
Section
Articles