TINJAUAN HIDROGEOLOGI SEBAGAI PENDUKUNG POTENSI PANAS BUMI DAERAH GEDONGSONGO, JAWA TENGAH

Authors

  • T. Listyani R.A Jurusan Teknik Geologi STTNAS Yogyakarta
  • Ev. Budiadi Jurusan Teknik Geologi STTNAS Yogyakarta

Keywords:

airtanah, hidrogeologi, panas bumi, Gedongsongo

Abstract

Potensi panas bumi suatu daerah sangat didukung oleh ketersediaan airtanah di daerah tersebut. Penelitian hidrogeologi yang dilakukan di daerah Gedongsongo, Ungaran, Jawa Tengah  dan sekitarnya ini dimaksudkan sebagai penelitian geologi permukaan dengan menekankan pengamatan pada batuan dan airtanah. Metode yang dilakukan adalah survei geologi lapangan dilengkapi dengan pengamatan mataair dan  sumur penduduk,  pengukuran infiltrasi,  pengambilan contoh batuan serta airtanah.

            Potensi airtanah yang bagus ditunjukkan oleh akifer yang  cukup permeabel serta  banyaknya mataair dan airtanah dangkal ini akan mendukung potensi pamas bumi di Gedongsongo. Akifer di daerah penelitian terdiri dari zona akifer breksi dan lava Ungaran Muda serta akifer breksi volkanik Notopuro. Airtanah pada zona akifer ini disimpan dalam celahan maupun ruang antar butir. Mataair tersebar di banyak tempat di daerah penelitian. Mataair panas dijumpai di Gedongsongo dan merupakan salah satu manifestasi panas bumi. Muka airtanah dangkal semakin rendah ke arah lereng bawah  G. Ungaran. Airtanah dangkal pada daerah penelitian ini  mengalir radial ke arah barat daya, selatan dan tenggara, mengikuti morfologi G. Ungaran.

 

Kata kunci: , , ,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2011, Geologi Gunung Ungaran, http://geoenviron.wordpress.com.
Badan Geologi, 2011, Atlas Cekungan Ai rtanah Indonesia,
Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bandung.
BMKG Semarang, 2012, Data Klimatologi Daerah UngaranTahun 2007 - 2011, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Semarang.
Dinas Pertambangan dan Energi Jawa Tengah – STTNAS, 2004, Pengembangan Pemanfaatan Energi Panas Bumi (Survei Geokimia) di Kompleks Panas bumi Gedongsongo, Kabupaten Semarang, Laporan Akhir, tidak dipublikasikan.
Direktorat Geologi Tata Lingkungan (DGTL), 2011, Potensi Cekungan Air Tanah Semarang-Ungaran, Jawa Tengah, http://www. scribd.com/doc .
Ridwan, M., 2012, Kajian Hidrologi dan Hidrogeologi Daerah Ungaran dan Sekitarnya, Provinsi Jawa Tengah, Tugas Akhir Tipe II, Jur. T. Geologi, STTNAS, Yogyakarta, tidak dipublikasikan.
Said, H.D. dan Sukrisno, 1988, Peta Hidrogeologi Indonesia Lembar VII Semarang (Jawa), Direktorat Geologi Tata Lingkungan, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumberdaya Mineral, Departemen Pertambangan dan Energi, Bandung.
Thanden RE., Sumadirdja H., Richard PW., Sutisna K. dan Amin TC., 1996, Peta Geologi Regional Lembar Magelang dan Semarang, skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi, Bandung.
Trend Team Jawa – IBT, 1997, Prospek Panas Bumi Daerah Ungaran Jawa Tengah, Dinas Eksplorasi Panas bumi – Pertamina, Jakarta.
Van Bemmelen, R.W., 1949, The Geology of Indonesia, Vol. 1A, Martinus Nijhoff, The Hague, Netherland.

Downloads

Published

2013-06-30

How to Cite

R.A, T. L., & Budiadi, E. (2013). TINJAUAN HIDROGEOLOGI SEBAGAI PENDUKUNG POTENSI PANAS BUMI DAERAH GEDONGSONGO, JAWA TENGAH. Jurnal Teknologi, 6(1), 65–72. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/989