UJI EKSPERIMENTAL ORIFICE MULTI LUBANG PADA SALURAN BERDIAMETER 50 MM (EXPERIMENTAL INVESTIGATION OF MULTI-HOLES ORIFICE IN 50 MM DIAMETER PIPE)

Authors

  • Joko Waluyo Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik-UGM
  • Sugiyanto Sugiyanto Program Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM

Keywords:

orifice multi lubang, koefisien aliran, kalibrasi ISO-ASME

Abstract

Penggunaan orifice untuk pengukuran debit aliran sangat lazim digunakan baik di skala laboratorium maupun di perpipaan industri. Selain instalasi  yang cukup sederhana, orifice ini memungkinkan untuk pengukuran yang akurat. Keberadaan orifice saat ini tersedia dalam bentuk tipikal dengan lubang tunggal di tengah. Kerugian orifice jenis lubang tunggal ini adalah terjadinya kantung jebakan fluida di dasar perpipaan, yang menyebabkannya kurang sesuai untuk diaplikasikan di aliran dua fasa pipa horisontal. Untuk menghindari terjadi jebakan aliran ini perlu dikaji lanjut bentuk orifice dengan multi lubang. Penelitian ini merupakan pengujian awal terhadap koefisien aliran orifice multi lubang. Pengujian dilakukan dengan variasi 2, 3, dan 4 lubang pada orifice tipe square edge di dalam saluran berdiameter 50 mm. Karakteristik koefisien aliran dilakukan dengan memperbandingkan terhadap persamaan kalibrasi ISO-ASME pada parameter diameter dasar dan diameter ekuivalen. Perbandingan hasil persamaan ISO-ASME dilakukan dengan pengujian statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien aliran orifice dengan 4 lubang mampu memenuhi kesesuaian dengan persamaan ISO-ASME. Dari uji signifikansinya didapatkan kecenderungan bahwa diameter ekuivalenya setara dengan konfigurasi di orifice 1 lubang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akiba M, Morooka S, Shirakawa K, 2001, Experimental study on Improvement of Inlet Orifice in BWR Core, Journal of Nuclear Science and Technology, Vol 36, No 9, halaman 793-798.
Andrew WG dan Williams, 1979, Applied Instrumentation in the Process Industries, Volume I, Edisi ke-2, halaman 46-54, Gulf Publising Co.
ASME Reseach committee On Fluid Meters, 1971, Fluid Meter their Theory and Application, Edisi 6.
Beckwith TG, Buck NL, Marangoni RD, 1981, Mechanical Measurement, Edisi 3, halaman 483-512.
Benedict RP, 1984, Fundamental of Temperature, Pressure and Flow Measurement, Edisi 3, halaman 415-512, John Wiley and Sons.
Buckingham, 1931, Note of the Orifice Meter, J. Res NBC, halaman 61.
Husain ZD and Teysandler RG, 1986, The Effects of Plate Thickness and Bevel Angle in 150 Line Size Orifice Meter, International Conference of Flow Measurementin the mid 80’s.
Murdock JW, 1964, Tables for Interpolation and Extrapolation of ASME Coefficients for Square-Edge Concentric Orifices, ASME Paper 64-WA/FM-6.
Seidl W, 1995, The Orifice Expansion Correction for 50mm line Size at Various Diameter Rations, Fluid Flow Measurement International Symposium.
Stolz J, 1975, An Approach Toward A General Correlation of Discharge Coefficients for Square-Edge Concentric Plate Meters, National Engineering Laboratory, Paper K-1.
Supranto, 1994, Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga Edisi ke-5.

Downloads

Published

2013-06-30

How to Cite

Waluyo, J., & Sugiyanto, S. (2013). UJI EKSPERIMENTAL ORIFICE MULTI LUBANG PADA SALURAN BERDIAMETER 50 MM (EXPERIMENTAL INVESTIGATION OF MULTI-HOLES ORIFICE IN 50 MM DIAMETER PIPE). Jurnal Teknologi, 6(1), 39–47. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/985