PERANCANGAN MODEL KELEMBAGAAN, PERAN DAN KOMPETENSI CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO) RUMAH SAKIT STUDI KASUS : RUMAH SAKIT JIWA PROF. dr. SOEROJO MAGELANG

Authors

  • Arya Suryadiraja Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang
  • Wing Wahyu Winarno Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM
  • Bimo Sunarfri Hantono Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM

Keywords:

CIO, e-Government, Informasi, Organisasi, Kepemimpinan, Peranan, Kompetensi

Abstract

Di sebuah organisasi perusahaan atau lembaga CIO adalah jabatan yang berfungsi memadukan sistem TI dengan aspek manajemen agar selaras dengan tujuan yang ingin dicapai. CIO menjadi bagian penting dalam kesuksesan sebuah organisasi, perusahaan atau lembaga. CIO berperan mengintegrasikan dan menginovasikan atau menjadikan informasi menjadi lebih efisien dan bermanfaat lebih baik. CIO berperan dalam aspek informasi, manajemen resiko, manajemen pengetahuan, dan investasi sehinga mendorong efisiensi, transparansi, penyesuaian proses bisnis atau reformasi birokrasi pemerintahan. Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang (RSJS) sebagai organisasi kesehatan di bawah Direktorat Jendral Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, dalam melakukan kegiatan sehari-hari seluruh proses dan aktivitas yang ada sangat bergantung pada ketersedian informasi yang berkualitas. Kemampuan untuk mengambil, menyusun, menyimpan, menyeleksi, mendiseminasi dan mengalirkan informasi dari satu tempat ke tempat lain akan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja organisasi.

Pada penelitian ini membuat model kelembagaan, peran dan kompetensi CIO yang dapat diterapkan di RSJS. Model yang dibuat selanjutnya diuji dengan Metode Delphi. Iterasi dilakukan sebanyak 3 kali. Setiap kali iterasi, jawaban narasumber dianalisis untuk dijadikan model berikutnya yang diujikan kembali. Demikian sampai diperoleh model akhir, kemudian model akhir tersebut dilakukan analisis berdasarkan sumber-sumber literatur yang ada untuk dihasilkan model yang akan direkomendasikan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, DQ. dan Preston, DS. 2007. Understanding CIO Role Effectiveness : the Antecedents and Consequents. Proceeding of the 40th Hawaii International Conference on System Sciences.
Chowdhury, S. 2005. Organisasi Abad 21, Indeks Gramedia.
Fenny, D.F.; Edwards, B.R., dkk 1992 Understanding the CEO/CIO Relationship. Miss Quarterly.
Gordon, Jay Theodore 1994. The Delphi Method. AC/NU Millenium Project, Future Research Methodology.
Iwasaki, N. 2006 Inovative CIO.
McLeod, R. JR. dan Schell, G. 2004. Management Information System in Practice. Edisi ke-9, Prentice Hall, Inc.
McNurlin, Barbara C,; Sparague, Ralph H Jr., Information Systems Management in Practice, 4th ed., Prentice Hall, New Jersey, 1998.
Misra, DC. 2007 The Chief Information Officer (CIO) Concept in E-Government : Select Lesson for Developing Countries.
Tagliavini, M.; Moro, J., dkk 2003 Shaping CIO's Competencies and Activities to Improve Company Performance: an Empirical Studies
Targowski, Andrew. 2003. Electronic Enterprise : Strategy and Architecture.
Wolson, Bono. 2011. Model dan Kompetensi Chief Information Officer (CIO) Dalam Rangka Penyelenggaraan E-Government di Pemerintahan Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2013-06-30

How to Cite

Suryadiraja, A., Winarno, W. W., & Hantono, B. S. (2013). PERANCANGAN MODEL KELEMBAGAAN, PERAN DAN KOMPETENSI CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO) RUMAH SAKIT STUDI KASUS : RUMAH SAKIT JIWA PROF. dr. SOEROJO MAGELANG. Jurnal Teknologi, 6(1), 19–28. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/983