ANALISIS CAPACITY CONSTRAINED RESOURCES GUNA MENGOPTIMALKAN ALIRAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS

Authors

  • Imam Sodikin Jurusan Teknik Industri, FTI, IST AKPRIND Yogyakarta
  • Andrie Widyo Atmoko Jurusan Teknik Industri, FTI, IST AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Theory of Constraints, Goal Programming, Capacity Constrained Resources

Abstract

Perencanaan dan pengelolaan sumber daya merupakan salah satu hal yang dapat mewujudkan tujuan perusahaan. Kendala-kendala berupa keterbatasan dapat digunakan untuk mencapai tujuan guna meningkatkan keuntungan perusahaan, karena keterbatasan itu  yang akan menentukan aliran produksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sumber-sumber pembatas dan mengoptimalkannya guna meningkatkan keuntungan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Theory of Constraints dengan mengoptimalkan aliran produksi dan pembentukan model batasan menggunakan goal programming. Hasil yang diperoleh yaitu stasiun kerja mesin bubut merupakan kendala/pembatas, karena mempunyai nilai rasio kendala yang terbesar yaitu 98.99%. Melalui pengembangan dengan model goal programming, maka waktu yang tersisa dapat dialokasikan untuk menambah produk pulley yang memiliki nilai keuntungan yang terbesar.   Produksi dioptimalkan dengan penambahan sebesar 4 unit pulley C4 12” dan memaksimalkan pencetakan dengan luas area 88 m2, penggunaan bahan baku gamping 432.23 kg, Kokas 3824 kg, baja cor 4155 kg, serta  mengkombinasikan  produk pulley A2 8 ” 75 unit, A3 10 ” 160 unit, B4 10” 123 unit, dan C4 12” 123 unit dengan keuntungan Rp. 53.100.000,-.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustani, H., 2005, Fundamental Operation Research, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Destmer W, H., 1997, Theory of Contraints A System Approach to continous Improvement ASQC, Quality Press, Milwaukee, Winconsin.
Dimyati, T., dan Akhmad, D., 1999, Operation Research “Model-model pengambilan Keputusan, Sinar Baru, Bandung.
Gaspersz, V., 2002, Production Planning and Inventory Control, Edisi Revisi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hermawan, C., 2004, Pendekatan Theory Of Contraints Pada Sistem Manufaktur Make to Order Repetitive Untuk Menganalisa Proses Penjadwalan Job Shop, Skripsi, IST AKPRIND Yogyakarta.
Nasution, A, H., 2003, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Guna Widya, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Surabaya.
Sumarno, 2004, Penerapan Metode Theory Of Contraints dalam Penentuan Optimasi Kombinasi Produk Spare Part Guna Meningkatkan Profit, Skripsi, IST AKPRIND Yogyakarta.
Siswanto, 1990, Sistem Manajemen Lindo, PT.Elex Media Komputindo kelompok Gramedia, Jakarta.
Tersine J, R., 1994, Principles Of Inventory And Material Management, 4nd Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.
Wignjosoebroto, S., 1995, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Edisi Pertama Cetakan Kedua, Guna Widya, Surabaya.

Downloads

Published

2013-06-30

How to Cite

Sodikin, I., & Atmoko, A. W. (2013). ANALISIS CAPACITY CONSTRAINED RESOURCES GUNA MENGOPTIMALKAN ALIRAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS. Jurnal Teknologi, 6(1), 10–18. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/982