EVALUASI IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) (STUDI KASUS PADA CV. PANGESTU JAYA)

Authors

  • Yana Hendriana Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Keywords:

vpn, attacking, poisoning, hacking, konektivitas

Abstract

CV. Pangestu Jaya yang bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa serta software house, dalam pengiriman data penting perusahaan, antara kantor pusat dengan kantor cabang di kota lain secara online menggunakan jaringan VPN. Penelitian ini dilakukan dengan skenario uji kelayakan berdasarkan kebutuhan user. Pengujian-pengujian yang dilakukan adalah Pengujian Konektivitas, Pengujian Transfer Data, Attacking VPN dengan DoS (Denial Of Services), Hacking VPN dengan ARP Poisoning di Linux Backtrack. Hasil eksperimen pengujian attacking dengan Denial of Service (DoS) menggunakan tool pingflood ternyata berhasil mematikan service/layanan pada VPN server. Selain itu pengujian hacking / ARP Poisoning untuk mendapatkan username dan password dengan menggunakan tools yang ada pada Linux backtrack juga berhasil menembus akses login client ke server.

Kata kunci : vpn, attacking, poisoning, hacking, konektivitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Braun T., M. Günter, I. Khalil, L. Liu. 2000, Performance Evaluation of Virtual Private Network. Universität Bern.
Chou. 2008, Strong User Authentication on the Web. United State: Microsoft Corporation.
Elektro Indonesia. 2001, Jaringan Privat Virtual Dinamis: Sebuah Jawaban Keamanan untuk Intranet Bisnis, diambil pada alamat website: http://www.elektroindonesia.com/elektro/komp35.htm, diakses tanggal 20 Januari 2012.
Frankel S. et. al. 2005. Guide to IPSec VPN. National Institute of Standards and Technology. Departemen Komersial Amerika Serikat.
Madjid. N. 2010, Perbandingan Ssl (Secure Socket Layer)Dan Ipsec (Internet Protocol Security) Pada Vpn (Virtual Private Network). Surabaya: Electrical Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS).
Meeta G. 2003, Building a Virtual Private Network. Premier Press.
Purbo Onno W.. 2001, Keamanan Jaringan Internet. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Raharjo.B. 2002. Keamanan system informasi Berbasis Internet. Bandung: PT Insan Indonesia.
Sari M.W. 2011, Analisis Keamanan Jaringan Virtual Private Network (VPN) pada Sistem Online Microbanking (Kasus di BMT Al Ikhlas Yogyakarta). Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Schneier B. 1996, Applied Cryptography : Protocols, Algorithms, and Source Code in C, USA, John Wiley & Sons, Inc.
Sukaridhoto.S. 2005. Teknik Keamanan Pada Voip Dengan Virtual Private Networking Dan Kriptografi Serta Korelasi Terhadap Bandwidth Dan Intelligibility Suara, Surabaya: Electrical Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS).
Thomas, Tom. 2005. Network Security First step. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2012-12-31

How to Cite

Hendriana, Y. (2012). EVALUASI IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) (STUDI KASUS PADA CV. PANGESTU JAYA). Jurnal Teknologi, 5(2), 132–142. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/972