SISTEM APLIKASI MOBILE ADVERTISING BERBASIS GUI DAN ANIMASI (STUDI : PT. XYZ)
Keywords:
Periklanan mobile, konten provider, GUI, operator seluler, AnimasiAbstract
Periklanan merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan penjualan. Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi mobile, paradigma periklananpun berubah dari media konvensional menuju periklanan mobile. Hal itu dilakukan karena iklan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Pada masa sekarang iklan dikirim dalam bentuk SMS yang di-broadcast kepada pengguna. User interface aplikasi berbentuk teks, profiling pengguna didapatkan secara acak dan biaya yang relatif mahal ditanggung oleh penerima iklan. Hal tersebutlah yang menjadikan iklan kurang diminati oleh pengguna sehingga iklan belum tepat kepada sasaran.
Kelemahan sistem aplikasi mobile advertising disebabkan sistem aplikasi belum mengakomodir prinsip periklanan yang baik antara lain kemampuan menampilkan iklan yang menarik, komunikasi iklan dengan dua arah, user interface yang sesuai prinsip HCI, biaya yang terjangkau oleh masyarakat dan kemampuan mendeteksi perilaku konsumen. Dengan perkembangan teknologi pemrograman pada perangkat mobile yang semakin maju, kapasitas jaringan GSM yang semakin besar sehingga menambah reliabilitas, pertambahan kemampuan komputasi pada perangkat mobile maka kemampuan aplikasi yang diharapkan dapat diwujudkan.
Pendeteksian perilaku pengguna, kemampuan interactivity serta cara penayangan iklan terbukti mempunyai peranan penting dalam menghasilkan iklan yang tepat sasaran. Perilaku pengguna yang dilakukan pada waktu menerima iklan akan terbentuk pola yang dapat diterjemahkan dalam indeks perilaku konsumen. Pola tersebut menjadi bahan analisis untuk menentukan target-target iklan atas suatu produk kepada calon konsumen yang membutuhkan sehingga iklan akan lebih efektif dan efisien.
Downloads
References
Dickinger, Astrid. 2004. An Investigation and Conceptual Model of SMS Marketing. Proceedings of 37th Hawaii International Conference On System Sciences:IEEE.
Engel, James; Roger, Blackwell; Paul, Miniard. 2003. Consumer Behaviour.Orlando, USA: The Dryden Press.
Gardlund, Martin. 2005. A Conceptual Model of Mobile Marketing for Multinational Consumer Goods Company. KTH Information and Communication Technology, Stockholm, Swedia.
Hadi, Ariesto. 2002. Pengantar Grafika Komputer. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Gava Media.
Kotler, Philip. 2005. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control. New York, USA: Prentice Hall.
Kotler, Philip.2006. Marketing Management: An Asian Perpective. Sinagpore. Prentice Hall.
Laudon And Laudon. 2005. Sistem Informasi Manajemen, Mengelola Perusahaan Digital. ogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi Offset.
Leppainemi, Matti. 2008. Mobile Marketing Communications In Consumer Markets. Faculty Economic And Business Administration, Departmen Of Marketing, University Of Oulu.
Rangone, Andrea; Renga, Filippo. 2006. Mobile advertising : a Framework for the Appraisal of the Campaigns. Proceeding of the international conference on mobile business (ICMB'06).IEEE .
Simanjuntak, Johnson. 2011. Penguna Phonsel Naik menjadi 53 Persen. http://www.tribunnews.com/2011/05/31/. Di akses pada tanggal 25 Oktober 2011.
Xincen, Zhang, Shouyin, Liu, Mei, Huang:2008. Wireless Video Access for Talent Market Multimedia Information System. College of Physical and Technology Central China Normal University, Hubei Institute of Forestry Exploration and Design Wuahan:IEEE.
Zaiben, Chen; Tao, Heng;Xu, Quangqing; Xiaofang Zhuo.2009. Instant Advertising in Mobile Peer-to-Peer Networks. International on Data Engineering. IEEE.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.