MODEL INTEGRASI ANTAR SISTEM E-GOV DENGAN MEMANFAATKAN DATABASE KEPENDUDUKAN NASIONAL

Authors

  • Edhy Sutanta Mahasiswa Program S3 Ilmu Komputer, FMIPA, UGM
  • Retantyo Wardoyo Dosen Program S3, Jurusan Ilmu Komputer & Elektronika, FMIPA, UGM
  • Khabib Mustofa Dosen Program S3, Jurusan Ilmu Komputer & Elektronika, FMIPA, UGM
  • Edi Winarko Dosen Program S3, Jurusan Ilmu Komputer & Elektronika, FMIPA, UGM

Keywords:

Database kependudukan nasional, e-Gov, integrasi, Single Identity Number

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan teknologi paling berpengaruh dalam kehidupan manusia saat ini, sehingga implementasi TIK berkembang pesat dan telah banyak dimplementasikan oleh instansi pemerintah maupun swasta, termasuk di lingkungan pemerintahan yang dikenal dengan sebutan sistem e-Gov. Sebagian besar sistem layanan publik dalam e-Gov memerlukan biodata orang, namun  masing-masing masih menggunakan database terpisah dan bersifat sektoral. Kondisi database yang terpisah dan sektoral berpotensi menimbulkan redudansi, ketidakkonsistenan, serta perbedaan versi data. Tulisan ini mengungkap bagaimana mengembangkan model integrasi antar sistem e-Gov yang melibatkan biodata orang. Model yang dirancang memanfaatkan database  kependudukan nasional dan nomor identitas tunggal (SIN) yang telah dikembangkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

 

Kata kunci: d, , , .

Downloads

Download data is not yet available.

References

BAKMP (Badan Administrasi Kependudukan dan Mobilitas Penduduk), Deputi Bidang Informasi Transmigrasi dan Kependudukan, Disnakertrans RI, 2000, Laporan Administrasi Kependudukan & Mobilitas Penduduk, Jakarta.
Date, C.J., 1995, An Introduction to Database Systems, Adisson Wesley Publishing, Co., Inc.
Indrajit, R.E., 2006, Evolusi Strategi Integrasi Sistem Informasi Ragam Instansi, Jakarta.
Kemenkominfo (Kementrian Negara Komunikasi dan Informasi), 2002, SIFONAS: SIFONAS Sebagai Tulang Punggung e-Governance, Jakarta.
Lusmiarwan, R.D., Supangkat, 2006, Perancangan Prototype Single Identity Number (SIN) Untuk Menunjang E-Gov, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, Bandung.
Martin, J., 1975, Computer Database Organizations, parth I, Prentice-Hall Inc., New Jersey.
McLeod, R. & Schell, G., 2001, Management Information Systems, 8th edition, Prentice Hall.
Parsaye, K., Chignell, M., Khoshafian, S., & Wong, H., 1989, Intelligent Databases, Jhon Wiley & Sons Inc., Canada.
RBI, 2004, Rubrik Bisnis dan Investasi, Proses Menuju Single Identification Number, Harian Kompas, edisi 16 April 2004, Jakarta.
Silberschatz, A., Korth, HF., & Sudarshan, S., 2001, Database System Concepts, 4th edition, New York.
Suharno, M.P.M., 2006, Mewujudkan Negara Kesatuan Indonesia Melalui Sinerginya Sistem Informasi, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, 3-4 Mei 2006, ITB, Bandung.
Whitten, J.L. & Bentley, L.D., 1998, Systems Analysis & Design Methods, 4th edition, Irwin/McGraw-Hill Int’l Co., New York.

Downloads

Published

2012-06-29

How to Cite

Sutanta, E., Wardoyo, R., Mustofa, K., & Winarko, E. (2012). MODEL INTEGRASI ANTAR SISTEM E-GOV DENGAN MEMANFAATKAN DATABASE KEPENDUDUKAN NASIONAL. Jurnal Teknologi, 5(1), 76–84. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/964