PENGUJIAN TEGANGAN KRITIS DAN TEGANGAN TEMBUS PADA KABEL NYFGbY TEGANGAN RENDAH (LOW VOLTAGE) 3X25 mm

Authors

  • Prastyono Eko Pambudi Jurusan Teknik Elektro Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Jhonvernando Panjaitan Jurusan Teknik Elektro Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Kabel NYFGbY, Uji tegangan tembus, Uji tegangan kritis

Abstract

Makalah ini membahas tentang uji tegangan kritis dan tegangan tembus pada kabel NYFGbY tegangan rendah dengan ukuran 3x25 mm. Dengan mengetahui jenis dan fungsi kabel maka penggunaan kabel dapat dimaksimalkan dan digunakan untuk keperluan seperti pada saluran-saluran listrik khususnya saluran listrik bawah tanah. Data hasil uji dapat diketahui kemampuan dari kabel tersebut agar tidak melebihi dari kemampuan sebenarnya dibanding dengan nilai pengenalnya, sehingga umur pakai dan karakteristik dari kabel tersebut dapat diketahui. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada pengujian tegangan gagal pada kabel SPLN 43-2 / IEC 60502-1 KABELINDO NYFGBY 3x25 mm2 rm 0.6/1.2 kV (SNI) berselubung PVC dengan tegangan pengenal 0.6/1.2 kV, tegangan yang paling tinggi sebesar 41 kV. Bahwa kabel tersebut mampu menahan tegangan yang lebih besar dari nilai yang ditetapkan oleh SPLN.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianto, ”Analisis Karakteristik Termal Polimer” Fakultas Universitas Indonesia, Jakarta, 2008.
Arismunandar, “Teknik Tegangan Tinggi” Ghalia Indonesia, Jakarta, 1982.
A S Pabla, Ir.Abdul Hadi (Alih bahasa), “Sistem Distribusi Daya Listrik” 1986.
Diko Prama Yuda, ”Karakteristik Arus Terhadap Arus Bocor” Skripsi S1 Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2011.

Downloads

Published

2012-06-29

How to Cite

Eko Pambudi, P., & Panjaitan, J. (2012). PENGUJIAN TEGANGAN KRITIS DAN TEGANGAN TEMBUS PADA KABEL NYFGbY TEGANGAN RENDAH (LOW VOLTAGE) 3X25 mm. Jurnal Teknologi, 5(1), 48–52. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/960