STUDI PERANCANGAN STRUKTUR RANGKA BUS MENGGUNAKAN CAD/CAE

Authors

  • Hadi Saputra Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Perencanaan, CAD, CAE, Struktur, Kendaraan otomotif, bus

Abstract

Kompetisi di dunia industry yang ketat memaksa untuk ditingkatkannya efisiensi pada seluruh lini proses produksi.Area engineering merupakan salah satu lini yang relevan ditingkatkan efisiensinya, denganmemanfaatkan CAD dan CAE untuk perancangan produk baru dipercaya sebagai cara yang tepat.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang struktur rangka bus yang efisien dan lebih berkualitas.Pemodelan 3D struktur rangka bus ini, dilakukan dengan menggunakan software komersial CAD dan untuk mensimulasikan beban pada struktur rangka bus ini, menggunakan software komersial CAE.Keuntungan menggunakan software komersial CAD dan CAE, pada tahap perancangan karena dapat menghasilkan rancangan yang lebih cepat, akurat, dan dapat mencegah terjadinya kesalahan pada tahap manufaktur. Simulasi pembebanan yang terjadi pada struktur, diantaranya diakibatkan oleh berat struktur, komponen interior, dinding interior, peralatan interior, kursi, penumpang, dan bagasi, dilakukan dengan software komersial CAE.

Hasil perancangan struktur ini,terdiri dari450komponen, dan sambungan antar komponen mempergunakan sambungan las.Simulasi pembebanan pada struktur rangka bus ini, memberikan hasil, tegangan Von Misses maksimum yang terjadi adalah 6.290E02N dan maksimum perpindahan (displacement) yang terjadi adalah 0.04551mm.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Collins,J.A., 1981, Failure of Materials in Mechanical Design, John Wiley & Sons, ISBN 0-471-05024-5, pp.137-142.
David, J., 2005, Visualization of CAD Models.
Liu, G.L. and Quek, S.S., 2003, The Method Finite Element method, Butterworth Heinemann, ISBN 0 7506 5866 5.
PankajChandna, GianBhushan, Singh, e.t.c, 2005, Finite Element Analysis of a Bus Body Structure using CAE Tools.
Rajiv, A. P., 2008, Integration of CATIA V5 and Hypermesh using MS-Excel to Accelerate FE Modelling.
Sung, H. J., and Kuang, H.C., 2005, CAD-Base Design optimization for Vehicle Performance.
Vaidya, A., Yang, S., and Ville, J. S.,2005, Multiphysics CAD-Based Design Optimization.

Downloads

Published

2012-06-29

How to Cite

Saputra, H. (2012). STUDI PERANCANGAN STRUKTUR RANGKA BUS MENGGUNAKAN CAD/CAE. Jurnal Teknologi, 5(1), 40–47. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/958