SISTEM DATA LOGGER CURAH HUJAN DENGAN MODEL TIPPING BUCKET BERBASIS MIKROKONTROLLER

Authors

  • Muhammad Andang Novianta Jurusan Teknik Elektro Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

telemetri, curah hujan, data tersimpan

Abstract

Makalah ini membahas tentang pengukuran jarak jauh curah hujan pada suatu daerah. Curah hujan yang tinggi atau abnormal dengan daya dukung lingkungan yang rendah dapat menyebabkan bahaya banjir dan longsor. Data pengukuran yang tersimpan akan digunakan sebagai pengambil keputusan terhadap akumulasi tingginya curah hujan yang terjadi sehingga ancaman bencana alam baik banjir atau longsor dapat diketahui secara dini. Tujuan penelitian ini adalah merancang suatu alat telemetri pengukuran curah hujan secara digital dan berbasis system database, sehingga data pengukuran tersimpan secara digital. Berdasarkan hasil pengukuran dan pengujian sistem diperoleh hasil dari alat serta sensor menunjukkan unjuk kerja sistem yang baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erwin, I. M., “Pengukuran Curah Hujan Berbasis Scada” Jurnal Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (PPET) - LIPI, Bandung, 2008.
Pitowarno, E., 2005, “Mikroprosesor dan Interfacing”, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Syahbuddin, H., Wihendar, T. N., “Anomali Curah Hujan Periode 2010-2040 di Indonesia” Jurnal Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Bogor, 2008.
Wibowo, H., ”Desain Prototipe Alat Pengukur Curah Hujan Jarak Jauh Dengan Pengendali Komputer” Skripsi Universitas Jember, Jember, 2008.

Downloads

Published

2011-12-30

How to Cite

Novianta, M. A. (2011). SISTEM DATA LOGGER CURAH HUJAN DENGAN MODEL TIPPING BUCKET BERBASIS MIKROKONTROLLER. Jurnal Teknologi, 4(2), 160–166. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/903