STUDI ERGONOMI KOGNITIF UNTUK MENGETAHUI PENURUNAN PRODUKTIVITAS KERJA AKIBAT KENAIKAN TINGKAT KEBISINGAN

Authors

  • Retno Widiastuti Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

kebisingan, ergonomi kognitif, produktivitas

Abstract

Pengaturan  fisik lingkungan kerja yang kurang tepat akan mengakibatkan tingkat produktivitas kerja yang rendah. Produktivitas tenaga kerja yang rendah akan mengakibatkan proses produksi tiadak efisien, sehingga terjadi pemborosan dana. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang produktivitas kerja berkaitan dengan perubahan NAB (nilai ambang batas) kebisingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan produktivitas pada aktivitas kerja pada NAB 85dB dan 80,3dB.

Pendekatan studi ergonomi kognitif digunakan untuk mengetahui penurunan produktivitas, dengan percobaan menggunakan aplikasi Design Tool model Sort Term Memory untuk dua tingkat kebisingan yaitu 80,3dB dan 85dB. Percobaan  di Laboratorium Ergonomi Jurusan Teknik Industri UST. Kemudian dilakukan analisis statistik meliputi probability plot, summary plot, dan pareto chart, untuk menentukan besarnya penurunan produktivitas.

Hasil penelitian adalah produktivitas pada tingkat kebisingan 80,3dB dan 85dB mengalami penurunan sebesar 12%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, 2007, Kebisingan Industri & Hearing Concevation Program, USU Resipatory, Medan.
Nurmianto, E, 2003, Ergonomi ; Konsep Dasar dan Aplikasinya, Guna Widya, Surabaya.
Standar Nasional Indonesia, 2004, Nilai Ambang Batas Iklim Kerja (panas), Kebisingan, Getaran Tangan-lengan dan Radiasi Sinar Ultra Ungu di Tempat Kerja, Badan Standarisasi Nasional.
Supangat, A, 2006, Pencemaran Suara di Laut, Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Nonhayati, BRKP-DKP
Thiang, R, & Kuntjoro, JA, 2005, Prediksi Jumlah Kendaraan Bermotor Berdasar Tingkat Kebisingan Lalu Lintas dengan Menggunakan Logika Fuzzy, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Widiastuti, R., 2008, Evaluasi Ergonomi Nilai Ambang Batas Fisik di Tempat Kerja dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan Fuzzy Logi, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Wigyosoebroto, S., 1992, Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja, Guna Widya, Surabaya
International Ergonomic Assosiation, 2010, What’s The Ergonomics, http://www.iea.cc,
Australian Ergonomic society, 2010, , http://www.ergonomics.org.au,

Downloads

Published

2011-12-30

How to Cite

Widiastuti, R. (2011). STUDI ERGONOMI KOGNITIF UNTUK MENGETAHUI PENURUNAN PRODUKTIVITAS KERJA AKIBAT KENAIKAN TINGKAT KEBISINGAN. Jurnal Teknologi, 4(2), 136–145. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/899