INTERVENSI ERGONOMI UNTUK MENGURANGI KEGIATAN TIDAK PRODUKTIF PADA STASIUN PERAKITAN PT X

Authors

  • Nataya Charoonsri Rizani Jurusan Teknik Industri, Universitas Trisakti
  • Woro Liana Jurusan Teknik Industri, Universitas Trisakti
  • Nora Azmi Jurusan Teknik Industri, Universitas Trisakti

Keywords:

worksampling, kegiatan produktif-nonproduktif, kontrol teknik, kontrol administratif

Abstract

Ditemukannya adanya kegiatan tidak produktif dan kelelahan fisik yang diukur baik secara subjektif (Borg-scale) maupun objektif (% Heart rate reserve)  di stasiun perakitan PT X, merupakan salah satu penyebab tidak tercapainya target produksi. Untuk memenuhi target, perusahaan mewajibkan pekerja baik pada shift 1 dan shift 2 untuk lembur, sehingga menyebabkan beban kerja mereka menjadi berat. Pengamatan lapangan dengan menggunakan prinsip ekonomi dan studi gerakan menunjukkan banyak ditemukan gerakan dan pekerjaan yang tidak efektif yang menyebabkan kegiatan nonproduktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan tidak produktif dan mengusulkan intervensi ergonomi untuk mengurangi beban kerja secara fisik dari pekerja.

Identifikasi kegiatan produktif-nonproduktif menggunakan metode worksampling sehingga dapat diketahui persentase kegiatan nonproduktif. Berdasarkan penentuan jenis kegiatan produktif dan nonproduktif didapatkan 15 kegiatan yang tergolong  produktif dan 20 kegiatan yang tergolong nonproduktif. Intervensi ergonomi yang diusulkan dan diimplementasikan berdasarkan kontrol teknik dan kontrol administratif adalah perubahan peta proses operasi (PPO), penambahan keranjang bersekat dan penerapan aturan disiplin. Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan kegiatan produktif sebesar 25.14% pada shift 1 dan 8.78% pada shift 2.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bridger, R.S.1995.Introduction to Ergonomics. New York: McGraw-Hill, Co Ergoweb.JET 1999.
Freivalds, Andris & Niebel, Benjamin., 2009., Niebel’s Methods, Standards, and Work Design 12th Edition, Mc Graw Hill, New York.
Kroemer, Karl, Henrike Kroemer Katrin Kroemer-Elbert. 1994. Ergonomics ; How to Design For Ease & Efficiency. New Jersey : Prentice-Hall.Inc.
Wickens, Christopher D. Lee, John D. Liu, Yili, Gordon Becker, Sallie E. 2004. An Introduction to Human factors Engineering 2nd Edition. New Jersey : Pearson Education

Downloads

Published

2011-12-30

How to Cite

Rizani, N. C., Liana, W., & Azmi, N. (2011). INTERVENSI ERGONOMI UNTUK MENGURANGI KEGIATAN TIDAK PRODUKTIF PADA STASIUN PERAKITAN PT X. Jurnal Teknologi, 4(2), 96–105. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/891