APLIKASI SIX SIGMA DMAIC DAN KAIZEN SEBAGAI METODE PENGENDALIAN DAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK

Authors

  • Joko Susetyo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Winarni Winarni
  • Catur Hartanto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

CTQ, DPMO, Six Sigma, DMAIC, Kaizen

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan proses berdasarkan produk cacat yang ada dengan pendekatan six sigma yang kemudian dilakukan pengendalian dengan menganalisis penyebab kecacatan menggunakan Seven Tools serta mengupayakan perbaikan berkesinambungan dengan alat implementasi kaizen berupa Kaizen Five-Step Plan, 5W dan 1H, dan Five-M Checklis. Setelah dilakukan pengolahan data didapat nilai DPMO sebesar 4509,384 yang dapat diartikan bahwa dari satu juta kesempatan akan terdapat 4509,384 kemungkinan produk yang dihasilkan mengalami kecacatan. Perusahaan berada pada tingkat 4,11-sigma dengan CTQ (Critical To Quality) yang paling banyak menimbulkan cacat yaitu Dek sebesar 20,76% dari total cacat 22517.

Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa penyebab utama kecacatan adalah faktor manusia, dan berdasarkan alat-alat impelementasi kaizen maka kebijakan utama yang harus dijalankan oleh pihak perusahaan yaitu pengawasan atau kontrol yang lebih ketat di segala bidang,

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D.W., 2005, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas), Andi Offset, Yogyakarta.
Feigenbaum, A.V, 1992. Kendali Kualitas Terpadu, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Gaspersz, V., 2001. Total Quality Management, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gaspersz, V., 2002. Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi Dengan ISO ,9001 : 2000, MBNQA, Dan HACCP. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gaspersz, V., 2003. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Imai, Masaaki, (Alih Bahasa: Dra. Mariani Gandamihardja)., 2001. Kaizen (Ky’zen) Kunci Sukses Jepang Dalam Persaingan, PT Pustaka Binaman Presindo, Jakarta.
Montgomery, D. C., (Alih Bahasa: Zanzawi Soeyoeti) 1990. Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik, Gajah Mada Universitas Press, Yogyakarta.
Tjiptono, F & Diana, A., 2001, Total Quality Management, Edisi Refisi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Downloads

Published

2011-06-30

How to Cite

Susetyo, J., Winarni, W., & Hartanto, C. (2011). APLIKASI SIX SIGMA DMAIC DAN KAIZEN SEBAGAI METODE PENGENDALIAN DAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK. Jurnal Teknologi, 4(1), 78–87. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/871