ANALISIS EFISIENSI, SKALA DAN ELASTISITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN COBB-DOUGLAS DAN REGRESI BERGANDA

  • Muhammad Yusuf Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Yuliastuti Ramadhani Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Cobb-Douglas, Regresi Berganda, Skala Produksi, Elastisitas, Efisiensi

Abstract

Secara umum produktivitas diartikan sebagai hubungan antara keluaran dengan masukan yaitu suatu perbandingan antara hasil keluaran dengan masukan. Pengukuran produktifitas merupakan salah satu indikator utama dalam menilai kemampuan bersaing suatu perusahaan. P.T Taman Batu Alam merupakan suatu perusahaan yang berkecimpung dibidang batu alam yang dalam perkembangannya selalu berupaya untuk meningkatkan produktivitasnya dengan melakukan perbaikan-perbaikan dalam produksinya.

Pengukuran dan analisa performansi proses transformasi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Cobb-Douglas dan Analisa regersi berganda. Pemilihan model ini didasarkan pada bentuknya yang sederhana dan mudah dipahami. Secara langsung dapat menggambarkan parameter performansi yaitu indeks efisiensi dan fungsi produksi ini mampu menunjukkan elastisitas penggunaan input-input yang digunakan dalam menghasilkan output.

Hasil perhitungan didapat bahwa proporsi input yang berpengaruh terhadap proses produksi adalah Indeks Efisiensi untuk tahun 2009 adalah 5.57, sedangkan untuk tahun 2010 adalah 1094,44. Return to Scale yang diperolah pada tahun 2009 adalah 1,031 sedangkan pada tahun 2010 adalah 0,793.Penggunaan elastisitas input adalah untuk tahun 2009 penggunaan bahan baku sebesar 0,39 , untuk penggunaan tenaga kerja sebesar 0,22 dan untuk penggunaan biaya overhead sebesar 0,42. Sedang untuk tahun 2010 penggunaan bahan baku sebesar 0,39, untuk penggunaan tenaga kerja sebesar 0,165 dan untuk penggunaan biaya overhead sebesar 0,237.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardyansah, 2000, Analisis Pengukuran Produktivitas dengan Pendekatan Angka Indeks Model APC, Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, UAD, Yogyakarta.
Boediono, 1982, Pengantar Ilmu Ekonomi, edisi kedua, BPFE Yogyakarta.
Ghozali Imam, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan penerbit Univ Diponegoro.
Gasperz Vincent, 1998, Manajemen Produktivitas Total, Gramedia Pustka Utama
Soekartawi, 1993, Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis fungsi Cobb- Douglas, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Wigjosoebroto Sritono., 2000, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk peningkatan produktivitas kerja,edisi pertama, cetakan kedua PT Guna Widya, Jakarta.
Published
2011-06-30
How to Cite
Yusuf, M. and Ramadhani, Y. (2011) “ANALISIS EFISIENSI, SKALA DAN ELASTISITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN COBB-DOUGLAS DAN REGRESI BERGANDA”, Jurnal Teknologi, 4(1), pp. 61-68. Available at: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/868 (Accessed: 29January2020).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>