PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK PENENTUAN KEBIJAKAN DINAS PERTANIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Kabupaten Bantul)

  • Windha Mega Pradnya Dhuhita Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Abidarin Rosidi Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Andi Sunyoto Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
Keywords: Sistem Informasi Geografis, peramalan, kebutuhan pupuk

Abstract

Sebagai negara agraris yang penyebaran lahan pertaniannya heterogen, membawa implikasi kepada salah satu problematika dalam sarana produksi pertanian, yaitu mengenai tata kelola pupuk. Penggunaan teknologi berbasis komputer untuk mendukung perencanaan sangat diperlukan untuk menganalisis, memanipulasi dan menyajikan informasi dalam bentuk tabel dan keruangan. Salah satu teknologi tersebut adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) yang memiliki kemampuan membuat model yang memberikan gambaran, penjelasan dan perkiraan dari suatu kondisi factual sehingga diharapkan akan lebih mudah bagi para pengambil keputusan untuk mengetahui pemetaan daerah pengalokasian pupuk bersubsidi sehingga basis data pertaniannya dapat di update secara berkala dan lebih efektif, yang dilakukan oleh departemen pertanian di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, serta diharapkan dapat membantu untuk meramalkan kebutuhan pupuk di setiap daerah pada periode mendatang. Menggunakan metode peramalan dengan mempertimbangkan variabel waktu (time series) dengan mengumpulkan data-data kebutuhan pupuk pada periode sebelumnya. Proses peramalan dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan data-data yang telah ada.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kartika Gunadi, Yulia : “Perencanaan Rute Perjalanan Di Jawa Timur Dengan Dukungan Gis Menggunakan Metode Dijkstra’s”. Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra, 2010.
Ai Rosita : “Pemanfaatan GIS untuk E-Agriculture Dalam Rangka Mengatur Keseimbangan Produksi Tanaman Holtikultura”, Bandung, 2007.
Prahasta, Eddy, “Sistem Informasi Geografi: Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika), Bandung:Informatika, 2002
Prahasta, Eddy, “Sistem Informasi Geografis: Dukungan Tools dan Plug-Ins (Extension) Dalam Pengembangan Berbagai Aplikasi, Bandung: Informatika, 2004.

Zubair, Ayodeji Opeyemi, “Change Detection In Land Use And Land Cover Using Remote Sensing Data And GIS”, Geographic Information Systems (GIS) in the Department of Geography University of Ibadan, Ibadan, 2006.
Aronoff, Stanley, “Geographic Information System: A Management Perspective”, WDL, Publications, Ottawa, Canada, 1989.
Ketut Kariyasa dan Yusmichad Yusdja, “Evaluasi Kebijakan Sistem Distribusi Pupuk di Indonesia: Kasus Provinsi Jawa Barat”, Bogor, 2004.
Valeriana Darwis dan A. Rozany Nurmanaf, ”Kebijakan Distribusi, Tingkat Harga, dan Penggunaan Pupuk di Tingkat Petani”, Bogor, 2004.
Published
2011-06-30
How to Cite
Pradnya Dhuhita, W., Rosidi, A. and Sunyoto, A. (2011) “PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK PENENTUAN KEBIJAKAN DINAS PERTANIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Kabupaten Bantul)”, Jurnal Teknologi, 4(1), pp. 21-27. Available at: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/863 (Accessed: 18January2020).