ANALISIS EFEKTIFITAS SIAP-PSB ONLINE DAN KINERJA PANITIA TERHADAP KEPUASAN USER DI WILAYAH DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

  • Setia Wardani Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Abidarin Rosidi Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Hanif Al Fatta Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
Keywords: SIAP-PSB Online, Probability Sampling, Claster Random Sampling, Korelasi, Regresi, Kepuasan User

Abstract

Kepuasan user adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui pelayanan yang diberikan baik pelayanan dari sistem yang digunakan maupun pelayanan pegawai (kinerja), selain itu sebagai acuan untuk pembenahan dan pengembangan SIAP-PSB Online dan kinerja yang telah ada. Metode pengamatan yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, karena bertujuan untuk menguji hipotesis, proses pengukuran, kejelasan variabel, dilandasi oleh operasional variabel dan data dianalisis dengan uji statistik untuk mengetahui korelasi antara variabel efektifitas SIAP-PSB Online, kinerja panitia dan kepuasan user.

Populasi pengamatan adalah pemakai SIAP-PSB Online wilayah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 386 responden yang dihitung dengan menggunakan  rumus dari Taro Yamane atau Slovin dengan probability sampling dan metode claster random sampling, dimana penentuan jumlah sampel didapat dengan menentukan zona/wilayah untuk menyebar kuisioner. Keabsahan atau kesahihan suatu hasil penelitian sangat ditentukan oleh alat ukur yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengujian validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi, regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.

Kesimpulan dari pengamatan ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara efektifitas SIAP-PSB Online dengan kepuasan user, terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja panitia dengan kepuasan user dan secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara efektifitas SIAP-PSB Online dan kinerja panitia dengan kepuasan user.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aras; & Wahyudi, Anderes. 2003. Pengaruh Pengadopsian Teknologi Baru Terhadap Peningkatan Efektifitas Dan Kinerja Pengembangan Bersama Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Universitas Bina Nusantara Internasional.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hendarti, Henny; & Gui, Anderes. 2008. Korelasi Antara Efektifitas Sistem Informasi Penjualan Dengan Kinerja User. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
O’brien, James A. 2006. Introduction to Information Systems. Edisi ke-11. Boston: McGraw-Hill.
Riduwan; & Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Setyawan, A.A; & Jayadi, B. 2008. Penerapan Sistem Penerimaan Siswa Baru Secara Online Dan Realtime. Jakarta: PT. (Persero) Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Sudarmanto, G. 2005. Analisis Regresi Linier Ganda Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha ilmu.
Supangat, S.H; & Jaya, I.M.A. 2006. Pengembangan Metode Pengukuran Sistem IT. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Wahyudi, M. Analisis Hubungan Sistem Informasi Akademik dan Kompetensi Teknis Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan. STMIK Nusa Mandiri.
http://www.azuarjuliandi.com/e-learning, 2007. Teknik Pengujian Validitas dan Reliabilitas.Diakses hari minggu tanggal 13 febuari pukul 19.10.
http://www.siap-psb.com, 2010. Situs Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Sistem Penerimaan Siswa Baru Online. TELKOM.
http://nadhirin.blogspot.com, Membuat Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian. Diakses hari rabu tanggal 09 febuari 2011 pukul 14.30.
Deskripsi Produk SIAP-PSB Real Time Online. TELKOM, 2010.
Petunjuk Teknis (JUKNIS) Pelaksanaan PSB 2010. Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.
Published
2011-06-30
How to Cite
Wardani, S., Rosidi, A., & Al Fatta, H. (2011). ANALISIS EFEKTIFITAS SIAP-PSB ONLINE DAN KINERJA PANITIA TERHADAP KEPUASAN USER DI WILAYAH DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Teknologi, 4(1), 6-13. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/861