PENGARUH KARYAWAN KLERK DAN KARYAWAN BUKAN KLERK TERHADAP KEAHLIAN DALAM END USER COMPUTING

Authors

  • Petrus Wisnubroto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Demografi, personality, end user computing

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai aktivitas yang beragam antara lain jasa perbankan dari Bank Umum Nasional kurang lebih 25 bank dan Bank Perkreditan Rakyat kurang lebih 31 bank, dikerjakan oleh karyawan klerk dan karyawan bukan klerk.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah faktor demografi ( umur, jenis kelamin, pendidikan dan pengalaman) serta faktor personality ( computer anxiety, computer attitudes, math anxiety) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor demografi ( umur, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman) dan faktor personality ( computer anxiety, computer attitudes, math anxiety) terhadap keahlian dalam end user computing.

Hasil penelitian karyawan klerk adalah faktor demografi umur, pendidikan , pengalaman sebesar 0, 039; 0,056; 0,040 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing, sedang faktor demografi pengalaman 0, 441 tidak mempunyai pengaruh terhadap keahlian dalam End User Computing. Computer Attitudes Optimism dan Computer intimidation sebesar 0,057 dan 0,083 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing, sedang Computer Attitudes Pessimism dan Math Anxiety sebesar 0,533 dan 0, 195 tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing.

Hasil penelitian karyawan bukan klerk faktor demografi  jenis kelamin dan pengalaman sebesar 0,023 dan 0,032, Computer Anxiety Anticipation sebesar 0,051 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing. Sedang faktor demografi umur dan pendidikan sebesar 0,221 dan 0,314 , Computer Attitudes Anticipation 0,291 ; Computer Anxiety  Pessimism sebesar 0,358; Math Anxiety 0,575 tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing.  Sedang Computer Attitudes Optimism 0,027;  Computer Attitudes Intimidation 0,019  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian dalam End User Computing.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fisbein, M. dan I. Ajzen. 1975. Belief, Attitude, Intention And Behavior : And Introduction To Theory And Research, Massachusetts, Addition Wesley.
Ghozali, I., 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, edisi pertama, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gujarati, Damodar N. 1995, Basic Econometries, Singapore, McGraw - Hill Book Co.
Harrison, A.W., and K.Rainer, 1992, ”The influence Of Individual Differences In End User Computing”, journal of MIS, 9,1. Summber, 93-111.
Rifa ,D., Gudono, 1998, ”Pengaruh Faktor Demografi Dan Personality Terhadap Keakhlian Dalam End User Computing”, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, vol. 1, no. 2 Juli, 20 - 34.
Tribowo, 2001, ”Pengaruh Faktor Personality Dan Profesional Commitment Terhadap Keahlian Computer Audit”, tesis S-2 Undip, tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2010-12-30

How to Cite

Wisnubroto, P. (2010). PENGARUH KARYAWAN KLERK DAN KARYAWAN BUKAN KLERK TERHADAP KEAHLIAN DALAM END USER COMPUTING. Jurnal Teknologi, 3(2), 175–182. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/859